8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Nggak Ada Ide Menulis

Apa kamu pernah mengalami hari-hari di mana kamu nggak merasa kreatif? Kamu mencoba mencari ide menulis yang fresh, tapi nggak ada satu pun cerita menarik yang bisa kamu tuliskan. Kadang, hal ini bisa membuatmu frustasi, apalagi kalau kamu sedang dikejar deadline.

Buat kamu yang lagi mengalami masalah tersebut, berbahagialah! Kali ini kita akan membahas gimana caranya supaya kamu bisa dapat ide menulis yang bagus, yuk baca sampai selesai!

1. Pergi ke Toko Buku

ide menulis 1

Sumber: Becca Tapert
Di mana lagi kita bisa mendapat ide cerita menarik, selain di tempat berkumpulnya buku-buku itu sendiri? Ya, memang toko buku bisa jadi tempat yang tepat kalau kamu lagi nggak punya ide menulis yang bagus. Kamu bisa membaca sekilas buku-buku favoritmu, atau mungkin buku-buku yang berkaitan dengan tema deadline-mu. Siapa tahu, kamu tiba-tiba dapat ide cemerlang!

2. Jalan-Jalan Sejenak Mengelilingi Suatu Tempat

ide menulis

Sumber: Steven Lewis
Memang terdengar sepele, tapi jalan-jalan juga bisa jadi salah satu cara yang kamu lakukan kalau lagi stuck dan nggak dapat menemukan inspirasi menulis. Jalanan yang kamu lewati, toko-toko yang kamu masuki, bahkan orang-orang yang kamu temui di jalan juga bisa memberi inspirasi dalam menulis, lho! Nggak usah jalan-jalan jauh pun nggak apa kok, sekedar mampir ke toko buku atau coffee house favorit bisa jadi alternatif jalan-jalan murah meriah.

**3. Dengarkan Lagu Favorit**

ide menulis

Sumber: Siddharth Bhogra
Bukan rahasia lagi kalau musik memberikan inspirasi untuk berkarya. Nah, saat kamu sama sekali nggak ada ide menulis, coba putar playlist berisi lagu-lagu favoritmu. Terkadang, lirik yang terkandung di dalamnya bisa memberikan inspirasi menulis buat kamu. Bahkan, melodi yang menenangkan juga bisa memancing lahirnya inspirasi baru untuk menulis.

Biasanya, melodi dengan flow laidback seperti lagu-lagu jazz sangat diminati. Kalau kamu sedang mengerjakan artikel ‘serius’ yang perlu konsentrasi tinggi — misalnya artikel riset atau tulisan ilmiah, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu baroque atau classic untuk membantumu tetap fokus.

4. Aktif Bergerak!

Sumber: Filip Mroz
ide menulis

Jangan salah, menggerakan badan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk, bahkan membuka jalan inspirasi. Saat terasa suntuk dan nggak punya ide menulis, coba deh, bangun dari kursimu dan luangkan waktu buat gerakan badan. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, misalnya jogging atau stretching. Atau, kalau kamu senang dancing menari diiringi lagu-lagu favorit juga bisa dicoba, lho.

5. Lakukan Freewriting

ide menulis

Sumber: Sticker Mule
Menulis dengan terencana memang baik, karena outline juga salah satu aspek fundamental tulisan yang penting untuk dipikirkan. Tapi, terlalu terpaku dengan outline _juga nggak bagus, lho. Saat hal itu terjadi, kamu bisa mengandalkan teknik _freewriting!

Meskipun bukan jaminan kalau hasil dari freewriting sesuai dengan apa yang kamu inginkan, freewriting sangat ampuh buat kamu yang sering mengkritisi diri sendiri, karena freewriting mengeluarkan ide pemikiranmu yang masih raw atau murni. Tahu nggak, kalau self-criticism itu salah satu hal yang bisa menyebabkan writer’s block?

Jadi, tulis saja apa yang sedang kamu pikirkan. Jangan terlalu fokus dengan flow tulisan atau ejaan yang benar terlebih dahulu. Kadang, ide terbaik malah muncul dari tulisan yang kamu anggap ‘asal-asalan’. Nah, jika tulisan sudah selesai, silahkan deh cek kembali alur dan ketepatan penulisan kamu.

6. Minum Kopi atau Teh

ide menulis

Sumber: Caleb George
Ide menulis memang sering stuck saat kita mengantuk. Untuk menghindari writer’s block, coba berhenti sejenak dan buat minuman favoritmu, entah itu kopi, teh, atau minuman lainnya. Bagi yang suka minum kopi pasti akan merasa lebih segar setelah mendapat asupan kafein. Setelah itu, kamu siap menulis lagi, deh!

7. Hilangkan Semua Distraksi

ide menulis

Sumber: Brad Neathery
Saat menulis, fokus yang kuat itu penting. Apalagi kalau kamu sedang mengalami writer’s block. Hilangkan semua distraksi yang membuat kamu nggak fokus. Misalnya, kamu bisa berkomitmen untuk nggak mengecek notifikasi jejaring sosial sampai kamu selesai menulis. Atau, kamu juga bisa pergi ke tempat-tempat yang membantumu lebih fokus, seperti perpustakaan yang cenderung tenang. Salah satu situs distraction-free yang bisa kamu coba adalah Ommwriter.


Baca Juga: Tiga Hal yang Perlu Kamu Tanyakan Pada Diri Sendiri Saat Kehilangan Motivasi Menulis
Gimana ? Dengan tips-tips di atas, writer’s block nggak lagi jadi halangan, kan? Nggak ada lagi rasa galau karena nggak punya ide menulis tulisan yang bagus.Nah, buat membantu mengatasi kesulitan-kesulitan lainnya dalam tulis-menulis, jangan lupa kalau kamu juga bisa menemukan tips-tips menulis lainnya di blog C2live. Selamat berkarya!

Related Posts

 
Site Menu