writer's block

Ingin Bebas dari Writer’s Block? Terapkan 7 Tips Ini!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Seperti penggiat industri kreatif lainnya, penulis pasti pernah mengalami saat-saat kehilangan ide, atau punya ide namun sulit mengungkapkannya. Dunia tulis-menulis menamai ini sebagai writer’s block. Kita dapat membayangkannya secara visual dalam pikiran, namun ketika jari-jari mulai mengetik yang terjadi malah berhenti total. Ini cenderung membuat para penulis frustrasi. Apa saja sih cara-cara untuk menanggulangi writer’s block? Yuk, simak tips-tips berikut ini!

Yuk, Basmi Writer’s Block!


1. Istirahatlah yang cukup

writer's blockMenurut neurolog Alice W. Flaherty, kegiatan menulis menaruh beban pada otak karena berbagai bagian seperti motorik, ingatan, emosi, persepsi visual, penyusunan kata dan kalimat beserta pengenalan suara bekerja secara bersamaan. Tekanan yang kuat secara terus-terusan bisa menghambat dinamika dan kelancaran mengalirnya kreativitas dan ide, menyebabkan writer’s block.

Beristirahat dan bersantai untuk rileks sangatlah penting untuk menyegarkan pikiran agar kata-kata dapat mengalir dan untuk melepaskan tekanan stres. Jalan-jalanlah sekejap, lepaskan diri dari buku atau draft dalam laptop dan ke taman sejenak. Nikmati indahnya pemandangan, bebaskan pikiran, barulah kembali menulis lagi.

2. Menyusun jadwal menulis

writer's block Writer’s block selalu diasosiasikan dengan buntunya ide atau inspirasi tetapi sebenarnya kebiasaan menunda aktivitas menulis juga termasuk dalam writer’s block. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kita selalu merasa bahwa menulis bukanlah suatu prioritas sehingga kemalasan selalu menang di atas hasrat menulis. Stop menunda dan mulailah menyusun jadwal. Sisihkan waktu dan bukan sisakan, untuk menulis!

Baca Juga: Kreativitas Menulismu Bisa Ditingkatkan Lho! Ini Caranya!

3. Buat outline terlebih dahulu

writer's blockAda penulis yang terbiasa langsung menulis dengan dasar ide dalam pikiran tanpa mencatatnya karena mereka tahu dan ingat akan semua detail, tetapi ketika menghadapi writer’s block, hal itu dapat berakibat buruk terhadap karya tulis. Writer’s block ketika menulis juga dapat dikarenakan oleh outline atau perencanaan yang tidak jelas.

Jika outline disusun dengan sembarangan, yang ada hanyalah makin pusing ketika kamu membacanya! Hal ini juga dapat menjadi kontributor besar terhadap writer’s block. Memiliki outline yang jelas dapat meringankan beban pikiran dan melancarkan penulisan. Hal ini diungkapkan oleh Lisa Healy, seorang profesor dari Suffolk University Law School di Boston.

4. Kuncinya adalah konsisten dan disiplin

writer's blockSeperti yang disebutkan di atas, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang kita merasa malas untuk menulis. Awalnya mungkin karena kehabisan ide, namun justruk inkonsistensi dan penundaan membuat ide semakin sulit datang! Apakah kamu masih terperangkap dalam lingkaran setan ini?

Penulis seri “Harry Potter” J.K Rowling kerap membagi saran dalam meningkatkan kedisiplinan dan menjadikan menulis suatu kebiasaan. Ketika menulis menjadi suatu kebiasaan–atau lebih baik lagi–suatu kebutuhan, kamu tidak akan mudah kalah dengan yang namanya kemalasan. Otak pun akan semakin terbiasa untuk mendapatkan dan mencari ide!

5. Menulislah lebih awal, jangan mepet-mepet dengan deadline!

writer's blockBerkaitan dengan jadwal menulis, mulailah lebih awal sebab siapa pun tidak ingin merasa diburu oleh deadline yang semakin hari semakin mendekat, belum lagi writer’s block yang datangnya diam-diam bagaikan pencuri!

Ketika kita mulai menulis lebih awal, kita memiliki waktu yang cukup untuk mengontrol kualitas tulisan dan mengeksplorasi ide lain. Jikalau writer’s block datang menyerang, kamu juga memiliki waktu cukup untuk menyelesaikannya! Editor kita juga memiliki waktu cukup untuk mengulas tulisanmu! Writer’s block? No problem!

6. Menulis bebas. Literally!

writer's blockKetika kamu beristirahat sebelum melanjutkan menulis, pikiran belum terlepas dari proses berpikir. Banyaknya pikiran juga dapat menyebabkan kemacetan dalam menulis. Tulislah apa saja yang terlintas dalam pemikiran, bisa saja kamu menemukan ide yang brilian!

Banyak ide juga dapat menyebabkan frustrasi yang tidak membantu dalam menyelesaikan tulisanmu. Di kala istirahat, menulislah dengan bebas. Tuangkan semuanya dalam layar/kertas dan perhatikan apa isi pikiranmu. Mulailah dari sana!

7. Ketika semua gagal, apa yang perlu kamu lakukan?

writer's blockKetika semua cara telah dilaksanakan dan tidak ada satu pun yang membantu, membacalah! Awal dari segala ide adalah membaca. Tanpa membaca tidak ada penulis dapat menulis. Selain untuk mencari ide, membaca juga memperluas kosa kata dan mengangkat beban pikiran.

Stephen King mengatakan hal serupa. Jika semua gagal, pergilah ke perpustakaan! Suasana yang sunyi, ruangan yang besar, serta ambien yang tenang dapat membuka kran-kran pikiran yang selama ini stuck. Tarik nafas dan mulailah membaca.

Baca Juga: Ada Banyak Tipe Penulis Lepas, Kamu Termasuk yang Mana?


Inilah senjata-senjata mengalahkan writer’s block dari Content Collision, sudah siapkah melawan writer’s block dan mulai menulis? Menyusun jadwal, menyusun outline, mendisiplinkan diri, menulis awal, beristirahat, menulis bebas dan membaca! Pasti kamu dapat menulis tulisan atau pun buku yang berkualitas. Untuk tips menulis dan blogging lainnya, silahkan kunjungi Blog C2live!

Sumber : LoggaWiggler, pexelsMoritz320grammarlyMaklay62, Energepic, Negative Space.

Related Posts

 
Site Menu