menghidupkan postingan lama

6 Cara Menghidupkan Posting-an Lama Agar Kembali Mendatangkan Pembaca pada Blog Kita

Apakah blogmu memiliki banyak posting-an lama yang sudah dibiarkan berdebu begitu saja? Mungkin ini saatnya untuk kembali mengunjungi dan kembali menghidupkan posting-an lama tersebut.

Menghidupkan kembali post lama sendiri sebenarnya dianjurkan oleh Google dalam penerapan SEO. Kenapa? Karena mesin pencari seperti Google berharap saat seseorang mencari sesuatu di search engine mereka, orang itu akan mendapatkan informasi terbaru. Jadi, apabila ada post lama di blogmu yang kamu rasa informasinya masih cukup berguna dan relevan hingga hari ini, bisa jadi post tersebut layak untuk kamu hidupkan kembali.

Bayangkan, jika setiap post lamamu bisa membawa 10 pembaca baru setiap harinya, tentu jumlah itu cukup signifikan untuk membantu pertumbuhan blogmu. Tertarik untuk kembali menghidupkan post lama di blogmu? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Update dan Rapikan

menghidupkan postingan lamaSumber: Pexels

Informasi yang up to date adalah salah satu hal yang diinginkan oleh mesin pencari seperti Google, Bing, ataupun Yahoo. Untuk menjaga kualitas hasil pencarian yang muncul di mesin pencari mereka, mereka mengharapkan pembuat konten seperti kamu selalu meng-update informasi yang ada di blogmu.

Post lamamu bisa jadi berisi beberapa informasi yang sudah kadaluarsa. Atau mungkin, ada informasi tambahan yang lebih baru sehingga informasi pada post tersebut bisa semakin lengkap. Selain itu, pastikan juga nggak ada lagi typo atau kesalahan tanda baca yang dulu mungkin kamu abaikan.

Kamu juga bisa memperbarui gambar-gambar yang sudah tidak lagi sesuai sama desain blogmu sekarang dengan memberikan gambar yang lebih fresh. Sehingga hasilnya, post-mu kini jadi lebih lengkap dan rapi, siap untuk menjaring banyak pembaca baru.

2. Jangan Lagi Abaikan SEO

menghidupkan postingan lamaSumber: Pixabay

Dalam mengelola blog, SEO adalah hal penting yang nggak boleh kamu abaikan. Hal itu bisa dimulai dengan menentukan keywords dengan tepat. Keywords adalah topik yang kamu bahas di post tersebut. Keywords yang kamu pilih sebaiknya sama dengan kalimat yang kira-kira diketikkan oleh orang di mesin pencari saat mereka sedang mencari informasi yang kamu sediakan di post-mu itu.

Jika kamu menulis soal tempat makan yang sering kamu suka kunjungi di Jakarta, contoh keywords yang sesuai adalah “rekomendasi makanan di Jakarta”. Dengan begitu, saat orang mencari “rekomendasi makanan di Jakarta”, post blogmu akan ikut muncul. Pastikan juga Judul baru yang kamu pilih mengandung keywords pilihanmu, karena ini penting agar mesin pencari bisa menemukan post-mu dengan mudah.

3. Hubungkan dengan Posting-an Lainnya.

menghidupkan postingan lamaSumber: Pixabay

Jika kamu sudah cukup lama menulis di blog, tentu sudah banyak hal yang kamu bahas di sana. Nah, silakan coba kamu baca-baca lagi. Kira-kira adakah post yang topiknya berhubungan dengan salah satu post lamamu?

Kalau ada, coba hubungkan post tersebut dengan post lama yang sedang kamu edit agar hidup kembali. Cantumkan link yang bisa di-click oleh pembacamu, sehingga membuat pembaca yang sudah mampir tertarik untuk membaca post blogmu lainnya.

4. Jangan Lupa Beri Disclaimer

menghidupkan postingan lamaSumber: Public Domain Pictures

Disclaimer berguna untuk menjelaskan bahwa post ini telah di-update per tanggal xx-xx-xxxx sehingga pembacamu tahu bahwa informasi yang kamu tuliskan di post tersebut masih relevan dan up to date. Sebaiknya, disclaimer kamu letakkan di bagian paling awal post, sehingga pembaca akan langsung membacanya.

Jangan sampai pembacamu kabur karena mengira informasi post lama itu sudah usang karena melihat tanggal post yang sudah lama dan nggak ada disclaimer yang menjelaskan bahwa post ini telah di-update. Sayang, kan, kalau kamu udah benahi post lamamu tapi orang-orang nggak pada baca?


Menghidupkan posting-an lama sebenarnya bukanlah hal baru. Sudah banyak blogger pro dari luar negeri yang melakukan dan membuktikan manfaat menghidupkan posting-an lama. Bahwa dengan mengedit post lama, kita bisa mendapatkan banyak traffic post baru dan juga engagement yang lebih.

Kalau kamu, apakah kamu juga pernah update post lama kamu? Kalau pernah, bagaimanakah hasilnya?

Related Posts

Site Menu