menghilangkan typo

Jauhkan Typo dari Tulisanmu dengan 5 Tips Ini!

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Hayoo, ngaku! Siapa yang sering salah ketik? Salah ketik, atau bahasa bekennya biasa disebut typo, sebenarnya adalah sesuatu yang wajar terjadi. Tapi, kalau kamu terlalu sering melakukannya, tulisanmu malah bakal jadi bermasalah, apalagi kalau kamu melakukan typo terhadap kata yang memiliki nilai sensitif atau yang memiliki komposisi penulisan mirip. Bisa-bisa, hal yang kamu tulis malah jadi informasi yang menyesatkan. Aduh, jangan, ya! Untuk mengatasi hal itu, C2live sudah merangkum beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan typo.

Apa saja hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ? Yuk, lanjut baca terus ulasan di bawah ini!

Potong Kuku Jari

menghilangkan typo

Hal ini mungkin terkesan sepele, tapi tetap berpengaruh terhadap performa gerakan jari kamu, lho. Kuku yang panjang bisa menghambat pergerakan jari kamu, atau malah membuat jarimu terpeleset untuk menekan key yang ingin kamu tekan secara akurat. Jika sudah begitu, kamu bisa saja berakhir menekan huruf yang salah tanpa kamu sadari. Kalaupun kamu sadar sudah menekan key yang salah, hal itu tetap akan membuang waktumu untuk memperbaiki ketikan sehingga penulisan artikel akan memakan waktu yang lebih lama.

Periksa Kata demi Kata

menghilangkan typoSebelum kamu mengirim e-mail, pesan, atau mempublikasikan artikel, pastikan kamu memeriksa kembali kata demi kata yang telah kamu ketik. Hindari melakukan scanning kalimat atau paragraf secara keseluruhan, karena hal itu bisa membuatmu melewatkan typo yang ada. Usahakan untuk memeriksa kata-kata bukan kalimat. Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan typo dengan lebih saksama.

Memang, terkadang saking malasnya, kita justru men-skip langkah ini dan langsung mengirim atau mempublikasikan artikel. Padahal, jika kamu mau berusaha sedikit lagi untuk menelusuri kata demi kata, tulisanmu bisa jadi lebih sempurna.

Jangan Mengandalkan Autocorrect

menghilangkan typoAutocorrect memang bisa membantu kamu untuk memperbaiki typo. Tapi, jangan sampai kamu mentah-mentah mengandalkan typo tanpa memeriksa kembali tulisanmu, apalagi kalau kamu menggunakan autocorrect yang berbeda dengan bahasa yang kamu gunakan dalam tulisan. Hal tersebut disebabkan karena prediksi autocorrect belum tentu sesuai dengan kata-kata yang memang ingin kamu utarakan.

Cek Typo Menggunakan berbagai Website

menghilangkan typoDengan mengecek typo di website secara online, kamu bisa memeriksa kesalahanmu dalam sekejap. Typo Online adalah situs KBBI online yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan proses pengecekan kata yang nggak sesuai dengan KBBI. Tapi, perlu diingat ya, namanya mesin, tentunya nggak selalu benar. Kamu tetap perlu melakukan pengecekan secara manual agar hasil tulisan lebih maksimal.

Meminta Temanmu untuk Melakukan Proofread

menghilangkan typoKamu sering dengar kata proofreading? Proofreading bisa dikatakan sebagai kegiatan kegiatan membaca ulang draft tulisanmu dari awal hingga akhir untuk memeriksa segala kekeliruan penulisan yang mungkin terjadi, termasuk typo. Dengan meminta temanmu untuk melakukan proofreading, berarti kamu akan memintanya untuk membaca ulang seluruh tulisanmu.

Biasanya, proofreading dilakukan oleh orang lain selain si penulis setelah ia juga melakukan pengecekan sendiri. Hal ini ditujukan untuk berjaga-jaga, karena siapa tau kamu melewatkan kekeliruan yang ada di tulisanmu sendiri. Semakin banyak yang memeriksa, kesalahan yang terlewat biasanya akan semakin minim. Kegiatan ini memang butuh konsistensi dan juga ketelitian yang sangat tinggi, guys. Jadi ketika kamu meminta temanmu untuk melakukan proofread, pilih teman yang sekiranya memiliki kapabilitas tersebut, ya.


Nah, dengan tips-tips di atas, kamu sudah bisa, lho, mengurangi jumlah typo yang biasa kamu lakukan. Adanya typo dalam sebuah tulisan memang dapat dimengerti, karena melakukan kekeliruan yang nggak disengaja adalah hal yang wajar. Tapi, ada baiknya untuk mengurangi keteledoran tersebut, bukan? Dengan begitu, kamu bisa lebih terhindar dari permasalahan-permasalahan bahasa yang mungkin terjadi.

Bagi kamu yang ingin tau tips-tips seputar menulis lainnya, jangan segan-segan untuk mengunjungi blog C2live, ya! Di sana kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik dan bermanfaat untuk kegiatan tulis-menulis.

Sumber: EspoiralThree Girls MediawikiHow, Architectural ReviewCoinDesk.

Related Posts

 
Site Menu