CTR pada blog

Agar Promosi Blog Lancar, Maksimalkanlah Penggunaan CTR pada Blog

Apa itu CTR? CTR atau Click-Through Rate adalah frekuensi perbandingan dalam bentuk presentasi untuk mengetahui perhitungan antara jumlah klik dan jumlah unit AdSense pada blogmu. Singkatnya, CTR bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mengklik iklanmu.

Peringkat SERP-mu menunjukkan seberapa populer dan banyaknya pengunjung situsmu. Banyaknya klik yang kamu dapatkan akan meningkatkan juga presentasi CTR pada blogmu. Selain itu, kualitas, posisi pengiklanan, kata kunci dan faktor lainnya juga dapat mempengaruhi dampak CTR pada blogmu.

Namun, meningkatkan CTR pada blogmu ternyata tidak semudah yang dikira, lho. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari bagaimana cara meningkatkan CTR pada blogmu. Nah, berikut adalah empat tips yang dapat meningkatkan CTR pada blogmu.

1. Menargetkan kesukaan pembaca adalah prioritas utama

CTR pada blogKetika kamu memutuskan untuk mulai blogging, tentunya kamu ingin blogmu dikenal dan dikunjungi banyak orang. Namun, mewujudkan hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan tanpa menghadapi berbagai tantanan. Sebab, untuk membuat blogmu ramai dikunjungi pembaca, kamu perlu mencari tahu dan menyuguhkan apa yang diinginkan oleh pembaca itu sendiri.

Apabila kamu mendapatkan persentase CTR yang kecil pada blog, kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab, minat dan ketertarikan pengunjung itu berbeda-beda. Kamu akan kesulitan jika ingin mendapatkan seluruh perhatian masyarakat pada blogmu. Oleh karena itu, kamu hanya perlu fokus pada niche blogmu untuk mendapatkan pengunjung yang loyal. Ketika kamu sudah bisa melakukan hal itu, kamu baru dapat mengoptimalkan konten blogmu dengan iklan untuk meningkatkan kinerja blogmu.

2. Membuat meta description yang menarik

CTR pada blogSebagai bagian dari strategi SEO, pembuatan meta description akan sangat mempengaruhi peringkat blogmu pada SERP. Membuat meta description yang sembarangan akan membuat konten blogmu terkesan asal dan tidak berbobot. Tentunya, hal ini juga bisa memberikan dampak negatif yang berujung pada penurunan citra blogmu.

Karenanya, usahakanlah untuk membuat meta description yang semenarik mungkin. Namun, pastikan juga kamu menyampaikannya secara singkat dan jelas. Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan traffic yang ramai, sehingga berpotensi meningkatkan CTR pada blogmu. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi dengan menyertakan meta description yang menarik.

3. Menyesuaikan kreasi tampilan iklanmu dengan minat pembaca

CTR pada blogKreativitasmu dalam menyesuaikan tampilan iklan dengan minat pembaca juga akan diuji untuk meningkatkan CTR pada blog. Apabila kamu membuat tampilan yang tidak eye-catchy, kamu akan kehilangan banyak kesempatan untuk meraih pengunjung potensial untuk blogmu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui iklan seperti apa yang disukai oleh kebanyakan orang. Bagaimana caranya?

Untuk dapat membuat iklan yang banyak diminati, kamu harus membuat berbagai penampilan iklan yang berbeda-beda pada setiap kontenmu. Hal ini akan membuatmu mengetahui tampilan yang terbaik untuk iklanmu dengan membandingkan banyaknya CTR pada blog. Selain itu, kamu juga harus melakukan riset terhadap kompetitormu untuk membuat iklan yang lebih baik dan kreatif.

4. Menggunakan sitelink

CTR pada blogSitelink dapat dikatakan sebagai salah satu faktor utama kunci kesuksesan sebuah iklan. Sitelink sendiri merupakan kumpulan tautan dari blogmu yang dipampangkan pada halaman hasil pencarian. Dengan menggunakan sitelink, kamu bisa mempermudah pembaca untuk mencari informasi yang dibutuhkan dengan langsung mengakses halaman yang perlu dituju.

Perlu kamu ketahui, tidak semua situs juga akan mendapatkan sitelink otomatis dari Google, sehingga keberadaan sitelink bisa mencerminkan kualitas blog yang baik. Penggunaan sitelink sangat berpengaruh juga untuk meningkatkan CTR pada blog, lho. Dengan menggunakan sitelink pada iklanmu kamu akan meningkatkan rata-rata CTR pada blogmu sebesar 10% hingga 20% dan +20% hingga 50% jika blogmu sudah terkenal. Peningkatan yang sangat drastis di atas membuktikan bahwa sitelink memiliki pengaruh yang sangat besar.

Nah, mengingat potensi sitelink yang bisa memberikan pengaruh besar bagi blogmu, kamu perlu memperhatikan pembuatan judul, deksripsi, dan URL blogmu yang akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Ini ditujukan untuk memaksimalkan penggunaan sitelink, sebab, siapa yang akan tertarik untuk mengakses linklink tersebut jika judul yang ditampilkan tidak menarik perhatian para pengunjungmu.


Penggunaan CTR biasanya menjadi faktor penentu apakah iklan tersebut sukses ataupun tidak. Hal ini tidaklah salah, namun sebenarnya kamu bisa mendapatkan presentasi CTR yang lebih besar apabila kamu mengoptimalkan kinerja blogmu dengan baik. Untuk itu, kamu bisa coba menerapkan tips-tips di atas. Semoga dengan empat tips tadi, kamu dapat meningkatkan CTR pada blogmu, ya.

Sumber gambar: Madvix, Start Up Donut, Fat Guy Media, Posicion1, LSEO.

Related Posts

Site Menu