Blogger Entrepreneur

5 Tips untuk Membantumu Menjadi Blogger Entrepreneur

Di masa kini, blogging udah nggak lagi menjadi kegiatan yang terbatas pada berbagi kisah atau pengalaman pribadi. Selain untuk sharing cerita, blog kini sudah banyak dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan bisnis, terutama promosi melalui content marketing. Makanya, udah nggak heran lagi bagi kita untuk menemukan banyak blogger entrepreneur yang menjalankan usahanya sambil memanfaatkan blogging untuk mengoptimasi bisnis yang dijalankan.

Tertarik juga untuk menjadi blogger entrepreneur? Sudah tahu belum apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkannya? Buat kamu yang masih bingung soal apa yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang blogger entrepreneur, mungkin kamu bisa coba tilik dulu tips-tips di bawah ini:

1. Formulasikan Ide Bisnis

Blogger Entrepreneur

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika sedang memformulasikan ide bisnis adalah mempertimbangkan kebutuhan pasar yang ada dan apa yang dapat kamu perbuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena itulah, melakukan riset pasar menjadi sesuatu yang penting. Tentunya, kamu nggak mau kan kalau sudah capek-capek membangun usaha tapi nantinya malah nggak laku karena nggak ada yang merasa butuh?

Namun demikian, kamu juga harus menyesuaikan ide yang kamu miliki dengan kapabilitas yang kamu punya. Misalnya jika demand konstruksi di kabupaten tinggalmu sedang tinggi karena penggalakkan pembangunan daerah tapi kamu hanya memiliki keahlian di dapur, tentu akan sulit bagimu untuk menjalankan usaha terkait kebutuhan pasar tersebut. Jadi, sesuaikanlah dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kebetulan, di era teknologi digital ini kebutuhan akan pemasaran konten sedang sangat tinggi. Bahkan, content marketing diprediksi masih akan marak dilakukan hingga beberapa tahun ke depan. Jadi, jika kamu ingin mulai mengambil langkah awal sebagai blogger entrepreneur, manfaatkanlah keterterikan dan keterampilanmu di bidang penulisan untuk membangun usaha baru dan melayani kebutuhan pasar tersebut.

Jika kamu sudah menemukan ranah bisnis yang tepat untuk dijalankan, berikutnya, pastikan bahwa ide bisnismu menawarkan sesuatu yang lebih pada target pasar. Sebisa mungkin, hindari memulai usaha dengan ide bisnis yang udah dijalani oleh orang banyak. Hal ini bisa membantu untuk menjadikan usahamu tampak lebih menarik dan bernilai. Karenanya, cobalah untuk thinking outside the box.

Jika kamu sudah berhasil memformulasikanlah ide bisnismu secara mendetil, selanjutnya persiapkanlah segala sesuatu yang akan kamu butuhkan untuk usahamu nanti.

2. Mantapkan dan Beranikan Diri untuk Memulai dan Menghadapi Risiko Usaha

Blogger Entrepreneur

Rencana bisnis dan segala persiapan usaha sudah kamu miliki. Keinginan pun sudah ada. Selanjutnya, kamu hanya perlu memantapkan dan memberanikan diri untuk memulai usahamu secara nyata. Ambillah langkah pertama untuk menjadikan impianmu nyata. Nggak perlu muluk-muluk. Misalnya, jika kamu memang seorang blogger yang hobi menulis, buat saja konten yang berisi tentang peluncuran usahamu.

Jika kamu masih ragu soal untung-rugi dan menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menunda realisasi usahamu, ingatlah bahwa setiap bisnis pasti memiliki tantangan tersendiri. Tantangan yang ada pun juga akan terus berubah seiring perkembangan zaman. Bahkan, banyak pengusaha sukses yang meyakini juga bahwa setiap usaha pasti akan mengalami kerugian di waktu-waktu tertentu selama bisnisnya berjalan. Namun demikian, kita justru perlu belajar dari momen-momen kerugian tersebut untuk membangun bisnis yang lebih baik di kemudian hari, bukan malah serta-merta putus asa dan langsung memutuskan untuk menghentikan bisnis.

Jadi, nggak ada alasan untuk menunda perwujudan usahamu karena tiap tindakan yang kamu ambil pada akhinya memiliki risiko masing-masing. Yang penting, kita tetap berusaha untuk mempertimbangkan tiap pengambilan keputusan dengan matang untuk meminimalisir risiko yang ada, sehingga nggak rugi konyol.

Jadi, segera mulailah!

3. Rangkul Teknologi

Blogger Entrepreneur

Membangun sebuah usaha sebagai seorang blogger, pasti kamu nggak akan jauh-jauh dari yang namanya teknologi. Paling nggak, kamu perlu lihai dalam pemanfaatan platform blog yang ada serta aplikasi trik-trik optimasi search engine (SEO). Atau mungkin, jika kamu ingin berkonsentrasi pada pemasaran digital untuk sisi content marketing usahamu, kamu perlu akrab dengan seluk beluk pemanfaatan berbagai sosial media yang ada. Kamu tahu sendiri kan kalau sekarang sosial media memiliki pengaruh dan keefektifan yang sangat tinggi dalam menyebarluaskan informasi? Nah, kamu pun harus bisa memanfaatkannya sebagai blogger entrepreneur untuk menunjang kesuksesan usahamu kelak.

Selain itu, teknologi kini juga sudah menyerap jalur komunikasi antarmanusia dalam ukuran yang nggak bisa dianggap remeh lagi.Sebab, kesibukan masyarakat makin tinggi, sehingga kadang mereka nggak sempat untuk bertatap muka secara langsung untuk berkomunikasi dengan seseorang. Hal tersebut pun juka terjadi di dunia bisnis. Nggak cuma rapat-rapat di perusahaan transnasional yang menggunakan teknologi seperti Skype untuk memfasilitasi komunikasinya. Para pedagang dari industri rumahan pun sekarang sudah menawarkan layanan order via chatting platform seperti LINE atau Whatssapp untuk memudahkan komunikasi mereka dengan pelanggan.

Makanya, jika kamu bisa menjembatani komunikasimu dengan target pasar, hal ini akan sangat menguntungkan untuk bisnismu. Syukur-syukur, kamu bisa memiliki situs e-commerce sendiri di kemudian hari untuk memudahkan proses jual belimu dengna pelanggan! Jika sudah begitu, kamu tinggal fokus menggencarkan pemasaran dengan tulisan-tulisan ciamik untuk mendukung pemasaran dan pemeliharaan citra bisnismu.

4. Perkuat Relasi

Blogger Entrepreneur

Dalam menjalankan bisnis apapun, membangun relasi merupakan hal penting yang nggak bisa kamu abaikan, apalagi jika kamu ingin terus mengekspansi usahamu. Network yang kuat akan membuat bisnismu lebih stabil dan cepat berkembang. Nah, sehubungan dengan blogger entrepeneur, mungkin langkah paling jitu yang bisa kamu lakukan adalah bergabung dengan komunitas-komunitas blogger dan menggandeng berbagai brand yang sesuai dengan bidang ushaamu untuk bekerja sama.

Nah, supaya jaringan bisnis yang kamu miliki bisa berkembang dan menarik perhatian pihak-pihak yang akan menguntungkan bagimu, kamu perlu secara aktif memasarkan diri dan bisnismu, serta terus membangun citra bisnis yang layak untuk disorot. Dengan demikian, lama-kelamaan, kamu nggak akan repot-repot sendiri untuk berinisiasi membangun relasi, tapi pihak-pihak eksternal pun akan mulai secara aktif mencari dan berusaha untuk mendekati bisnismu.

5. Tingkatkan Kemampuan Menulis

Blogger Entrepreneur

Sebagai blogger entrepreneur, jika kamu ingin menjalankan usahamu hingga sukses, tentu kamu perlu untuk senantiasa mengasah dan meningkatkan kemampuan menulismu. Sebab jika tidak, lama-kelamaan tulisanmu bisa saja menjadi nggak menarik dan kurang enak dibaca. Akibatnya, usahamu bisa saja jatuh dari sisi pemasaran. Bagaimanapun juga, sebagai seorang blogger entrepreneur, tulisan merupakan salah satu senjata utama untuk kamu andalkan.

Selain itu, mempelajari teknik-teknik penulisan baru dan memperkaya perbendaharaan kata yang kamu miliki akan sangat berguna bagi kamu untuk meningkatkan kualitas tulisan jika dimanfaatkan dengan tepat. Hasilnya, bisa saja tulisanmu jadi lebih menarik dan menjaring lebih banyak potential customer. Dengan begitu, bukanlah sesuatu yang nggak mungkin lagi jika usahamu juga akan lebih berkembang dengan dukungan tulisan-tulisanmu yang menarik tadi!


Ide bisnis sudah ada, persiapan sudah matang, keinginan serta tips sudah ada di genggaman tanganmu, lalu apa lagi yang membuatmu menunggu? Sayang lho kalau tips yang sudah kamu dapatkan nggak segera dipraktikkan jika memang semua sumber daya sudah mumpuni. Karenanya, segeralah mantapkan dirimu untuk memulai karier sebagai blogger entrepreneur dan wujudkan impianmu.

Tapi, tetap ingat ya, usaha yang kamu lakukan nggak bisa berhenti di awal saja. Dan lagi, belum tentu semua akan berjalan manis sejak awal. Jadi, brace yourself dan cobalah untuk selalu gigih menghadapi berbagai tantangan yang akan kamu temui. Pada dasarnya, menjalankan usaha membutuhkan perjuangan secara terus-menerus. Jadi, tetap semangat dan terus berjuang, ya! Jangan lupa untuk tetap rajin update blogmu juga biar kamu nggak kehilangan jati diri sebagai blogger!

Sumber: webex, Flickr BCI, Wiki Share, Flexsin, Interview.vn, High Achiever Diet.

Anyway, sebagai blogger, yuk aktif berpartisipasi untuk mengikuti berbagai kompetisi blog yang ada untuk mengasah kemampuanmu. Kebetulan C2live lagi menyelenggarakan kompetisi bertema “Perempuan Juara dalam Lingkungan Kerja”, nih. Yuk, sebarkan suara positif sebagai blogger sekarang juga!

Related Posts

Site Menu