Menulis

Blogger Pemula, 5 Topik Ini Patut Dicoba agar Menulis Menjadi Terbiasa

I’m a writer at Content Collision

Sudah menjadi hal yang wajar, jika kamu adalah seorang yang masih belajar mengelola blog kamu, lalu sekarang kamu sedang bingung dengan apa yang akan kamu tuliskan. Atau kamu memang sedang belajar untuk terus menulis namun kendala awal adalah masih bingung mengenai perihal apa yang bisa kamu “angkat” untuk tulisan kamu agar tulisan kamu setidaknya selalu lebih dari 500 kata. Ditambah, agar usaha menulismu berlanjut terus bahkan tiap hari tak ada jeda.

Biasanya, ketika awal mula menulis, otak kita akan bekerja dengan lancar dan kita tahu apa yang akan kita tuliskan. Namun, seketika otak bisa saja “beku” ketika mata sudah menatap layar. Hal tersebut sepertinya menjadi sebuah pengalaman semua orang. Namun, semua itu lama kelamaan akan hilang juga ketika menulis sudah menjadi sebuah kebiasaan.


Nah, supaya kamu terbiasa menulis maka kamu bisa terapkan 5 topik di bawah ini agar kamu bisa membanjiri blog kamu dengan kata-kata kamu!

Tempat makan

Tempat makan menjadi salah satu topik yang sangat sederhana untuk diulas dalam sebuah penulisan. Oh iya, kamu tidak harus pergi ke tempat makan yang sangat unik, sangat mewah atau sangat populer atau tempat makan yang belum pernah kamu datangi. Kalau kamu anak kosan atau kantoran, awali saja tulisan kamu dengan tempat makan langganan. Atau makan siang disekitar dengan berbagai tempat makan yang berbeda agar kamu bisa menuliskan pengalam kamu dengan bebas dan leluasa karena kamu tahu apa yang akan kamu tuliskan. Oh iya, kalau kamu tlaten, bisa saja kamu akan menjadi seorang food blogger lho!

Buku dan film

Buku dan film atau drama menjadi santapan setiap hari manusia. Tinggal kamu pilih mana yang akan kamu tuangkan. Apa kesan kamu dalam membaca buku, atau kamu ulaslah  film atau drama kesukaan yang kamu tonton. Membaca buku dan menonton film bisa memberikan inpsirasi untuk tulisan kamu kedepannya loh. Misalnya, kamu suka atau sedang membaca buku novel, kamu nanti berimajinasi untuk menuliskan sebuah cerita narasi nantinya. Atau kamu membaca buku pengetahuan, nanti kamu akan mempunyai inspirasi untuk menuliskan sebuah essay yang berisi opini dan data. Kalau film atau drama? Kamu bisa mengungkapkan opini kamu dan seberapa gregetnya film itu di blog kamu. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk memindahkan 500 kata yang ada di otak, menjadi sebuah tulisan yang enak!

Perjalanan

Untuk perjalanan, lebih spesifiknya adalah perjalanan kamu mengunjungi sebuah tempat baru atau tempat wisata. Bukan sebuah perjalan hidup ya tentunya. Karena perjalanan hidup masih terlalu luas untuk diangkat dalam kumpulan kata. Sedang perjalanan yang nanti bisa kamu tulis adalah perjalanan kamu ketika study visit, mudik, naik gunung, pergi ke pantai, jalan ke kota, dll. Sepertinya, topik ini akan membuat kamu menulis bahkan bisa sampai 1000 kata karena dalam tulisan itu kamu akan menceritakan bagaimana kamu kesana, dengan transportasi apa, lalu membutuhkan biaya berapa, kamu bertemu dengan siapa, dan semua rincian bisa diugkapkan di tulisan itu. Ingat ya, jangan terpatok pada perjalanan wisata di luar kota, yang penting kamu sudah terbiasa menuliskan perjalanan-perjalan kamu dan ke depannya kamu bisa saja menjadi seorang travel blogger. Wah, keren kan.

Review produk

Mengulas sebuah produk menjadi salah satu alternatif ketika kamu bingung mau menulis apa. Produk tersebut tak harus produk yang baru kamu beli. Atau bisa saja kamu mengulas produk yang ingin kamu beli.  Dengan melakukan riset sebelum membeli produk tersebut, alhasil kamu malah mendapatkan banyak informasi mengenai produk itu dan kamu menjadi tahu banyak dan mudah menuliskannya pada blog kamu. Contoh sederhana adalahskin care yang sudah kamu pakai setengah misalnya. Atau make up yang kamu pakai setiap harinya. Bisa jadi memang kamu lebih suka menulis review produk kecantikan dan menjadi seorang beauty blogger nantinya.

Curahan hati, pastinya!

Topik ini akan mengantarkanmu setiap hari untuk menulis. Seperti sebuah buku diarynamun terpampang dalam layar yang bisa dibaca bukan hanya oleh diri sendiri. Kemaslah rasa yang sedang kamu alami atau yang pernah kamu alami dengan lebih indah. Tulisan yang kamu suguhkan disini bisa menjadi sebuat curhatan yang orang lain baca seperti cerita bersambung misalnya. Bisa juga mengenai opini kegalauanmu dari masalah ekonomi dan bangsa. Semakin kamu sering menulis hal seperti ini, kamu semakin kritis dan tidak apatis.

Semua hal di atas adalah topik yang sederhana yang bisa membantu kamu untuk menumpahkan tulisan kamu di blog kamu. Jangan berpikir bahwa sebuah topik terlalu mudah atau terlalu susah. Yang terpenting adalah lakukanlah! Alasan bahwa sebuah topik terlalu mudah atau terlalu susah itu yang membuat pikiran untuk berhenti menulis. 5 topik diatas merupakan topik yang bisa atau bahkan dialami oleh setiap orang dalam kehidupan keseharian. Topik di atas  sesuai tujuan awal, yakni agar kamu bisa menulis lebih dari 500 kata atau lebih bahkan.

Memangnya ada apa dengan 500 kata? Bukankan kamu akan lebih senang jika tulisanmu dibaca oleh banyak orang? Nah salah satunya yakni semakin banyak tulisan kamu dalam sebuah artikel dalam blogmu, maka semakin tinggi kesempatan blog kamu untuk disambangi oleh mesin pencari dan pembaca. Apalagi, lomba penulisan atau blog biasanya mensyaratkan penulisan artikel dengan minimal 500. Namun untuk yang belum terbiasa, 500 kata itu sangat lama dan menguras tenaga, apalagi 1000 kata. Oleh karena itu, belajar menulis dengan 5 topik itu, niscaya blogmu akan dibanjir dengan kata-kata!

Ayo mencoba!


Artikel ini pertama kali di Catatan Angkara.

Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com.

Related Posts

 
Site Menu