deddy huang

Ngobrol bareng Deddy Huang, Juri EV hive Blog Contest

Dikenal pula sebaga Uut yang nulis di anakjuli.id
Mulai ngeblog sejak jaman sekolah pake celana pendek biru. Selain sebagai umat kuil FX F4, ia juga orang yang berkeyakinan pada wi-fi.

| Blogger | Writer | Dreamer |

Hi bloggers, apa sih tujuan kamu ketika membuat sebuah tulisan? Menyalurkan kesenangan hati? Curhat? Atau berbagi informasi dengan orang lain?

Well, apapun tujuannya, hal itu kembali lagi pada motif yang kamu miliki. Tapi, tahukah kamu kalau menulis dapat digunakan sebagai terapi kesehatan jiwa? C2live baru aja dikasih tahu sama Deddy Huang, nih! Beliau adalah salah satu juri dari kompetisi blogging oleh EV Hive yang diselenggarakan bersama C2live beberapa waktu lalu.

Deddy HuangSumber: deddyhuang.com
 

Deddy Huang bercerita kalau ketertarikannya untuk menulis datang karena menulis bisa dijadikan terapi kesehatan jiwa. Menulis dipercaya dapat membantu seseorang untuk mengungkapkan hal yang sulit disampaikan secara lisan. Dengan begitu, jiwa kita dapat terhindar dari tekanan akibat ide-ide yang tak tersampaikan. Dengan menulis, kamu bisa memiliki sarana tersendiri untuk menyalurkan ide dan pikiranmu tanpa dibatasi oleh orang lain. Hal ini tentunya bisa membawa dampak baik untuk membantu diri kamu lepas dari perasaaan-perasaan terkungkung dan membuat jiwa kamu tetap sehat karena jauh dari tekanan penyebab stres.

Ada lagi nih yang bisa bikin kamu stres, yaitu lupa. Mungkin kalian ada yang pernah ngalamin juga: lupa akan suatu hal, kemudian berusaha mengingat lagi namun gagal, dan akhirnya stres sendiri. Nah, Koh Huang berbaik hati berbagi informasi juga bahwa dengan menulis, kamu bisa terbantu untuk mengingat hal yang mungkin kita lewati.

Deddy HuangSumber: deddyhuang.com
 

Menarik, ya? Menulis ternyata bisa jadi media terapi seperti itu. Coba, deh, mulai rajin menulis di blog kamu, seperti Koh Huang ini. Koh Huang memilih blog karena menurutnya menulis di blog tidak terbatas dengan halaman dan jumlah kata, jadi cocok banget buat dijadikan sebagai catatan pribadi. Dengan rajin meng-update blog, kamu bisa dapat manfaat ganda, yaitu terapi untuk jiwa dan bisa juga berkesempatan meraih prestasi seperti yang Koh Huang raih. Lihat aja kumpulan prestasinya di sini. Siapa coba yang nggak mau berprestasi kaya gitu, plus punya jiwa yang lebih sehat?

Selain manfaat tadi, menulis pun memberikan pengalaman yang menarik bagi Koh Huang. Ia pernah disapa oleh orang asing pada suatu kesempatan, ternyata orang itu adalah pembaca blognya. Senang sekali rasanya kalau tulisan yang kita buat dapat dinikmati atau bermanfaat bagi orang lain, bahkan sampai berkenalan dengan orang-orang baru.

Deddy HuangSumber: deddyhuang.com
 

Menulis sebenarnya blog nggak susah dan rumit seperti yang kamu bayangkan, kok. Lupain aja dulu pikiran tentang tools kece yang ujung-ujungnya malah bisa bikin kamu lupa sama tujuan menulis. Kalau kata Koh Huang, “Ya kalau menulis tinggal menulis saja, sebab blog sendiri tidak ada kaidah khusus yang saklek kalau soal penulisan. Tapi, yang tetap harus diperhatikan adalah tatanan blog. Harus ada sentuhan personalnya yang membuat ciri khas dari blog tersebut. Tujuannya agar tulisan tersebut menemukan pembacanya sendiri.” Tuh, cukup mudah, kan, untuk menulis blog?

Untuk teman-teman yang baru mulai membuat blog, Koh Huang punya tips, nih, buat kalian. Langkah pertama tentunya adalah punya blog terlebih dahulu, kemudian isi dengan tulisan sesuai kesukaan kamu. Sebab, menulis hal-hal yang kamu sukai akan membuat kamu lebih lancar saat menulis. Secara perlahan, kamu akan menemukan gaya penulisan yang menjadi ciri khasmu. Kemudian, jangan terpaku pada apa yang bisa didapat lewat blog, melainkan apa yang bisa kamu berikan lewat blog.


Semoga hasil ngobrol bareng Koh Huang ini dapat bermanfaat buat kamu, ya, bloggers. Selalu semangat untuk terus menulis di blog. Sebagai penutup, Koh Huang punya harapan agar bloggers menulis dengan hati, sebab tulisan bukanlah tentang jelek atau bagus, melainkan tentang untuk apa kita menulis.

Kalau untuk harapan pribadi, Koh Huang sendiri berencana untuk terus menulis dan berbagi cerita tentang travelling, entah itu lewat blog atau media cetak. Ke depannya, ia berharap dapat berkarya untuk menerbitkan buku sendiri. Kita doakan sama-sama, ya, bloggers!

Nah, sekian dulu ngobrol bareng Deddy Huang kali ini. Kamu bisa, lho, berkunjung ke blognya di sini. Selesai sudah kita ngobrol soal manfaat menulis dan tipsnya dari Koh Huang. Untuk tips menulis lainnya, bisa kamu lihat di Writing 101 C2live. Ikutin terus update dari Blog C2live, ya!

Related Posts

 
Site Menu