WordPress

Yuk, Optimasi WordPressmu supaya Pembaca Enggak pada Kabur!

I’m a writer at Content Collision

WordPress merupakan salah satu pilihan blogging platform favorit bagi para blogger masa kini. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan pengalaman blogging yang nyaman dan menyenangkan. Namun, tahukah kamu bahwa walaupun mungkin kamu udah pe-we blogging pakai WordPress, platform ini masih bisa kamu optimasi supaya dapat diakses dengan lebih cepat, lho!

Mengapa perlu lebih cepat? Bagaimana cara mempercepatnya? Daripada bingung berlama-lama, yuk kita ulik bersama penjelasannya!

Mengapa kecepatan penting untuk situs blogmu?

WordPress

Tahukah kamu? Dengan kesibukan masyarakat modern yang serba padat, mereka enggan lho meluangkan banyak waktu hanya untuk bertahan mengeksplorasi halaman situs yang belum tentu berhasil memikat perhatian mereka di detik-detik pertama.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh Skilled, rata-rata pembaca hanya rela menunggu antara 2-4 detik supaya halamanmu bisa termuat sepenuhnya. Artinya, kamu hanya memiliki waktu yang benar-benar singkat untuk meyakinkan pembacamu bahwa artikelmu layak untuk dipantengi.

Di sisi lain, BBC juga menyampaikan hasil penelitian bahwa secara umum, pembaca hanya memiliki attention span selama 8 detik! Angka tersebut didapat dari hasil statistik yang dikutip oleh majalah-majalah besar, seperti Time Magazine, the Telegraph, dan the Guardian. Ini menunjukkan bahwa hasil penelitian tersebut cukup kredibel, bukan mitos belaka.

Coba bayangkan kalau kecepatan situs blogmu tidak mumpuni. Waktu 8 detik tersebut bisa saja habis hanya untuk loading halaman blogmu. Kalau sudah begitu, belum sempat baca apa-apa, yang ada pembacamu malah keburu kabur duluan dan akhirnya meningkatkan bounce rate bagi blogmu. Ini tentunya akan menjadi kontribusi negatif bagi performa SEO blogmu. Bisa-bisa, hanya karena masalah kecepatan, blogmu jadi terdorong ke urutan bawah hasil pencarian (SERP).

Makanya, kamu harus rajin memeriksa kecepatan situs WordPress yang kamu miliki. Dengan mengetahui seberapa cepat speed situsmu, kamu jadi tahu apakah akun WordPress-mu masih perlu dioptimasi atau tidak. Salah satu tool yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kecepatan situsmu adalah PageSpeed yang dikembangkan oleh Google.

Sudah coba memasukkan URL WordPress-mu? Bagaimana hasilnya? Jika masih belum memuaskan, jangan khawatir! Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimasi WordPress-mu supaya kecepatan aksesnya meningkat!

Cara meningkatkan kecepatan WordPress-mu

WordPress

Jika kamu menggunakan tools khusus untuk memeriksa kecepatan WordPress-mu, bisa saja kamu langsung mendapatkan hasil diagnosa soal komponen-komponen mana saja yang menjadi masalah. Namun, tidak jarang juga penjelasan tersebut disampaikan menggunakan bahasa yang terlalu teknis, sehingga kadang menyulitkan para pengguna awam untuk memahaminya.

Karena itu, C2live ingin membantumu supaya paling tidak kamu aware dengan faktor-faktor utama yang biasa menjadi biang keladi lambannya kecepatan akses WordPress-mu.

Pada dasarnya, ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan jika ingin kecepatan WordPress-mu meningkat. Kalau sudah mengetahui komponen-komponen mana saja yang berpotensi menjadi penyebab lambannya situs WordPress blogmu, kamu jadi bisa lebih mudah mengetahui apa yang perlu dilakukan.
Jadi, apa saja yang perlu kamu perhatikan? Berikut di antaranya:

Penggunaan cache

Menurut kamus Oxford, cache memiliki arti yang merujuk pada memori tambahan untuk menyajikan data secara lebih cepat. Cache memanfaatkan beberapa data yang sudah tersimpan dan sering kamu gunakan, sehingga jumlah informasi yang perlu ditransmisikan jadi bisa dikurangi. Ini sangat mempengaruhi kecepatan WordPress-mu.
Dengan menggunakan cache plug-in pada akun WordPress-mu, tiap halaman yang sedang loading akan secara otomatis mengambil informasi dari databese_ CSS yang sudah tersimpan. Oleh karena itu, cobalah untuk memasang plug-in untuk caching akun WordPress-mu, seperti WP Super Cache dan WP Fastest Cache.

Ukuran Halaman

Menambahkan gambar pada halaman konten blogmu memang bisa menjadi daya tarik lebih bagi pembaca sekaligus memanjakan mata mereka, apalagi kalau gambar-gambar yang kamu sajikan memiliki resolusi yang bagus dan relevan dengan topik yang kamu ulas.

Namun, ketika menambahkan elemen visual pada konten blog, kamu juga harus memperhatikan imbasnya pada size halaman secara keseluruhan. Jangan sampai karena memasukkan gambar yang terlalu banyak dan/atau berat, halaman blogmu jadi butuh waktu yang lama untuk dimuat secara total. Alih-alih ingin menyenangkan pembaca dengan gambar-gambar yang mendukung, kamu malah bisa membuatnya jengkel menunggu proses loading halaman yang memakan waktu lama.

Salah satu trik sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperkecil semua ukuran gambar yang kamu gunakan. Usahakan agar setiap gambar yang kamu pakai memiliki size maksimal 150kb. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan perangkat image editor, seperti Adobe Photoshop (offline) atau Pixlr (online).

Nah, concern yang sama juga berlaku bagi plug-in dan widget yang kamu gunakan. Walaupun penggunaan keduanya bisa saja menambah efektivitas operasi blogmu, tapi pemasangan plug-in dan widget berlebih malah akan hanya membebani proses loading halamanmu.

Pastikan komponen-komponen halamanmu teroptimasi

Penggunakan keyword untuk mengoptimasi suatu halaman situs sudah tidak bisa dipungkiri manfaatnya. Dalam WordPress, selain pada body text, keyword juga perlu kamu cantumkan pada SEO Title, Meta Description, Slug, dan Alt Text pada bagian property dari setiap gambar yang kamu pakai.

Selain itu, optimasi akun WordPress juga bisa kamu lakukan dengan memastikan bahwa plug-in dan widget yang kamu gunakan sudah dioptimasi untuk digunakan pada WordPress, misalnya dari segi kodingnya. Ini ditujukan agar kompatibilitas keduanya terjamin, sehingga tidak saling menghambat fungsi satu sama lain.

Di samping itu, terus meng-update plug-in yang kamu gunakan juga bisa membantu meningkatkan optimasi WordPress-mu, sebab versi terbaru biasanya dibuat lebih canggih dengan fungsi operasi yang lebih efisien juga.

Hosting

Memiliki hosting yang mumpuni adalah kebutuhan wajib jika kamu ingin akun WordPress-mu memiliki kecepatan yang tinggi. Karena itu, pastikan kamu memilih hosting dengan kualitas yang baik, sehingga bisa memberikan akses loading yang cepat untuk akun WordPressmu.

Hal ini perlu benar-benar kamu pertimbangkan terutama bila memiliki traffic blog yang ramai. Sebab, hosting yang terlalu standar tidak akan mampu mengakomodasi lalu lintas pengunjung blog yang terlalu banyak. Kalau kamu tidak menggunakan hosting yang mampu menangani jumlah traffic rutin blogmu, tentu proses loading page yang terjadi akan lamban.


Lambannya waktu untuk memuat halaman WordPress dari blog yang kamu miliki tidak hanya mengindikasikan performa situs yang buruk, namun berpotensi pula untuk menurunkan SEO dan membuat para pembaca kabur. Karena itu, optimasi akun WordPress tidak bisa kamu abaikan.

Tentunya, selain beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas, masih ada berbagai cara lain yang bisa kamu tempuh untuk mengoptimasi akun WordPress milikmu. Jika kamu mengetahui cara efektif lainnya, jangan ragu untuk segera berbagi di kolom komentar, ya!

Sumber gambar: TMBU, Getright, HDG.

Related Posts

 
Site Menu