tips-optimasi-blog

Tips Optimasi Blog Personal

Saya salah satu blogger yang tergabung dalam komunitas C2live.com

Baiklah, mungkin postingan tips optimasi blog ala-ala ini agak dramatis. Jadi saya sempat punya keinginan besar suatu hari nemu orang yang sedang baca blog saya, atau punya pembaca setia dari awal sampai akhir yang selalu baca blog, atau berlangganan gitu. Tapi nyatanya zonk, nyahahahaha.

Ayo dong ketawa.

Pun kemarin liburan saya ngerombak blog lagi padahal nggak ada niat sebelumnya. Emang rasanya udah gerah banget pakai template lama dan pengin ganti dari lama tapi belum ada yang cocok kaya jodoh. Sekali ada, eh berbayar dan harus pakai paypal karena buatan luar negeri sedangkan saya nggak punya dan akhirnya menyerah saja. Terus keinget kalau Mbak Wulan bisa kustom template yang responsif, ringan, tapi temanya tetep bisa hangat ala-ala blog personal jadi tampilannya nggak SEO-SEO kaku. Terus dilanjutin sendiri deh ngedit-edit htmlnya. Nah dari sinilah cerita dimulai. Bikin poin per poin ya biar sekalian jelas.

1. PERGANTIAN HTTP KE HTTPS.

Ini juga sebenernya kebetulan baca thread-nya Emak Blogger di Twitter sih, kok rasanya semesta mendukung gitu ya untuk mulai optimasi blog? Siap dah. Nah sebenernya udah lama juga pengin ganti ke https tapi kayanya ribet kudu pakai penyedia ssl lain kalau blogger. Tapi kemarin sempet nyoba via Cloudflare dan heboh sendiri karena salah masukin nameserver, EH TERNYATA BLOGGER UDAH BISA REDIRECT KE HTTPS UNTUK DOMAIN KUSTOM GAES. Dan cara untuk membuat blogger custom domain ke https gampang banget cuma tinggal ketik draft.blogger.com dan cari di pengaturan seperti biasa. Kalau misal masih belum bisa, copot dulu domain kustomnya, pasang lagi dan set yes di https availability dan https redirect.

Mengapa hal ini penting? Bisa dicek ya di thread ini.

2. PERAPIAN POSTINGAN BLOG

Udah pasti dong kalau pindah dari http ke https kita perlu ngecrawl tautan postingan ulang di Google Search Console? Bagi yang belum tau Google Search Console bisa ceki-ceki Google dulu ya. Emang sih pegel tapi demi blog yang lebih baik kenapa tidak. Perhatikan juga di pengaturan template via html, kalau bisa ganti semua tuh dari http ke https, segala gambar dan widget juga.

Nah otomatis kan di sini saya ngedit satu per satu, mau nggak mau postingan lawas yang masih acak adul juga kudu diperbaiki. Postingannya masih nggak peduli sama permalink, tulisan gambar cuma sekadar dari Google, tulisan nggak dirata tengah, gambar nggak di-resize, nggak peduli kata kunci, tautan ke luar ada yang belum nofollow, bahkan penggunaan di untuk tempat dan kegiatan aja masih salah. Emang bener-bener murni curhat sih, jadi baca ulang ya cuma ngakak dan sedih sendiri. Tapi anehnya sih, postingan lama itu rasanya lebih hidup, lebih bebas, lebih ada ekspresinya. Nggak kaya akhir-akhir ini yang mau posting rasanya takut salah karena apa-apa dikit-dikit viral nyahaha. Masih inget nggak tuh jaman The Liester Award? Nyahaha lawas banget kan ngeditnya sampai situ.

Boleh banget dong baca-baca postingan lawas di blog ini, silakan saya nggak akan naruh tautan di sini, cari saja tahun 2014 atau 2015 hihi. Salah satunya ini, lihat betapa sederhana gambar pendukungnya. Maklum, jaman-jaman jadi anak warnet.

Ah iya, bagi yang abis ganti template terus semua gambar di postingan jadi terlalu besar dan pecah-pecah nggak perlu kok edit satu-satu, masukin aja kode berikut tepat sebelum kode ]]> </ b: skin>

 

post-body img {

max-width: 100% ;

max-height: auto;

display: block ;

margin: auto;

box-shadow:none;

border:none;

pading:0px;

}

 

3. PERBAIKAN WIDGET BLOG

Jadi kayanya saking malesnya saya sempet nggak ngecek bagian widget buat langganan via email. Ternyata feedburner-nya lupa diisi ID-nya kan kocak, sekarang udah normal kok. Jangan lupa berlangganan ya! Hihihi, tetep.

4. PENAMBAHAN HALAMAN KONTAK DAN DISCLAIMER

Ini sebenernya udah ada sih cuma di bagian postingan bukan di page, jadi kemarin dipindah dan dilengkapin sekalian hihihi. Sudah tahu dong kalau kedua hal tersebut penting dalam blog branding. Eh apa itu blog branding? Ya semacam personal branding  gitu deh ngasal aja ya hihi. Dengan adanya kedua hal tersebut, akan terlihat bagaimana kita serius dalam optimasi blog sekalipun itu blog personal. Bang, kamu kapan seriusin aku.

 

5. PENJELASAN META DESCRIPTION

Perapian label udah, header udah, tagline udah, saatnya meta description. Jadi saya selama ngeblog belum dikasih meta, kaya ke mana aja gitu ya kan. Pentingnya meta description ya biar pembaca tahu niche blog kita dan apa aja yang dapat kita temukan di dalamnya (tambahkan atau koreksi jika salah ya). Caranya mudah, tinggal klik pengaturan dan cari bagian referensi penelusuran atau search preferences.

Mungkin baru kelima itu sih tips optimasi blog, cuma kayanya kemarin rasanya heboh banget. Semoga makin ke sini blog ini makin baik dan terurus juga, masih banyak mimpi-mimpi blog ini yang belum tercapai. Hihi, terima kasih telah membaca ya, semoga bermanfaat. Salam!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan di Kolase Konstelasi. Bila kamu juga ingin membagikan artikel kamu di C2live, segera hubungi putra@c2live.com

 

Related Posts

 
Site Menu