submenu blog

Manfaatkan Submenu Blog agar Pembacamu Nggak Tersesat!

Gilang is a young Indonesian Content Writer. He has huge interest to social issues, digital marketing, and pop cultures.

Semua orang pasti ingin blog mereka dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa memfasilitasi pembaca, termasuk kamu. Dari berbagai fitur yang bisa kamu tambahkan di blogmu, salah satu yang wajib banget kamu pertimbangkan adalah fitur submenu.

Submenu adalah fitur sederhana yang sering kali manfaatnya dianggap remeh oleh para bloger. Padahal,dengan cara guna yang sangat mudah, submenu memiliki banyak manfaat yang bisa sangat membantu kinerja blogmu. Kira-kira apa saja ya tips memanfaatkan submenu agar bisa optimal? Yuk, simak pembahasannya.

1. Jangan Biarkan Pembacamu Tersesat

submenu blog

Apabila umur blogmu sudah cukup lama, wajar bila blogmu tersebut sudah punya cukup banyak post. Meskipun itu menunjukan bahwa kamu adalah bloger yang konsisten, namun itu juga bisa menyulitkan pembacamu dalam mencari post lama yang mereka suka. Itulah kenapa hadirnya submenu pada blogmu bisa sangat membantu.

Submenu bisa memberikan gambaran sekilas pada pembaca baru tentang apa-apa saja yang kamu bahas di blogmu. Selain itu submenu juga menjadi sistem navigasi bagi pembaca untuk menemukan jenis konten yang mereka suka. Yang perlu kamu lakukan adalah mengkategorikan setiap kontenmu dengan rapi, sehingga nantinya pembacamu tahu dimana harus mencari konten yang sesuai dengan minat mereka.

2. Pastikan Submenu Jelas dan Ringkas

submenu blog

Ada istilah yang mengatakan “be clear, not be clever”. Hal itu sangat relevan dalam membuat kategori ataupun submenu. Penting untukmu menggunakan istilah yang mudah dipahami dalam sekali baca. Dibanding menggunakan “Siapakah Saya?”, akan lebih baik jika kamu menggunakan “Tentang Penulis atau “Tentang Saya”.

Meskipun terdengar lebih unik, submenu yang sulit dipahami berpotensi membuat pembacamu bingung, bahkan bisa membuat mereka akhirnya pergi karena merasa blogmu terlalu ribet. Jadi pastikan selalu judul yang kamu gunakan pada submenu cukup jelas dan to the point.

3. Abaikan yang Nggak Penting

submenu blog

Tujuan dari adanya submenu adalah membantu agar pembacamu bisa menemukan konten yang mereka cari. Itu sebabnya, submenu yang kamu tampilkan pun harus ringkas dan jelas dalam membantu pembacamu. Hindari memasang terlalu banyak submenu karena bisa membuat pembacamu justru semakin bingung. Semakin kamu memberi banyak pilihan kepada seseorang, semakin lama juga orang itu akan mengambil keputusan.

Selain itu, submenu yang terlalu banyak akan membuat blogmu terkesan berantakan dan didesain asal-asalan. Jadi pastikan submenu yang kamu pilih memang hal-hal yang dibutuhkan oleh pembacamu.

4. Posisi Menentukan Prestasi

submenu blog

Terkadang, kamu mungkin bosan dengan hal yang gitu-gitu saja dan ingin bereksperimen dengan menempatkan submenu di tempat yang berbeda dari biasanya. Cuma kamu harus hati-hati, karena bisa jadi itu malah membuat pembacamu nggak sadar kalau ada fitur submenu di blogmu.

Sangat disarankan untuk tetap menempatkan submenu di bagian atas blogmu karena itu adalah tempat yang paling mudah ditemukan oleh pembacamu. Atau kalau kamu ingin sedikit berbeda, bisa kamu pasang di bagian samping blogmu. Yang jelas, jangan sekali-kali memasang submenu di bagian bawah blog, karena nggak akan ada yang menyadari dan menggunakannya.


Memelihara blog bukan saja hanya dengan rutin merilis post baru, namun juga memastikan bahwa blogmu nyaman untuk dibaca oleh pengunjung. Salah satu cara sederhana yang patut kamu coba dalam memberikan kenyamanan pada pemabaca adalah dengan adanya submenu. Tanpa adanya submenu, pembaca akan kesulitan untuk memahami niche konten blogmu, apalagi mencari konten-konten lamamu yang sudah tertimbun oleh puluhan post yang lebih baru.

Banyaknya post yang ada di blogmu nggak akan jadi masalah kalau blogmu dilengkapi dengan submenu. Sehingga blogmu akan menjadi lebih rapi dan teratur. Jadi, sudahkah ada fitur submenu pada blogmu?

Sumber: PotC Wiki, Live for Films, The Local Denmark, Modern Day, The LuxVacation Blog.

Related Posts

 
Site Menu