Menulis Community Post

Tips-Tips Jitu Menulis Community Post

Dengan semakin mudahnya akses ke internet dewasa ini, semakin banyak pula orang yang bisa menuliskan informasi atau opini yang ia miliki dan mengunggahnya ke internet. Mengunggah artikel yang kita tulis sendiri ke media online untuk dibaca oleh publik melalui medium komunitas, itulah yang disebut dengan community post.
Saat ini, sudah banyak media online yang memfasilitasi community post. Tentu dengan semakin banyaknya media yang ada, jumlah penulis yang mengunggah tulisannya pun semakin banyak.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk rutin menulis community post, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sehingga tulisanmu bisa menjaring banyak pembaca:

1. Pahami trend yang terjadi

Menulis Community Post

Ada begitu banyak hal baru yang terjadi setiap hari. Mulai dari bidang politik, teknologi, olah raga, sampai lifestyle. Tidak heran apabila ada trend baru yang muncul hampir setiap hari. Tentunya akan ada banyak orang yang ingin mencari tahu lebih dalam soal isu tersebut. Peluang itu bisa kamu manfaatkan dengan cara menuliskan artikel yang sesuai dengan trend yang terjadi.

Untuk mengetahui trend yang sedang terjadi, kamu bisa menggunakan Google Trend atau Keyhole. Pastikan juga judul artikel kamu sesuai dengan trend tersebut sehingga orang jadi penasaran untuk membuka dan membacanya.

2. Tuliskan dengan sudut pandang yang berbeda

Menulis Community Post

Di era digital seperti ini ada begitu banyak informasi baru yang rilis setiap detik. Agar artikelmu berbeda dan bermanfaat untuk pembaca, usahakan untuk menuliskannya dengan sudut pandang yang berbeda.

Hindari hanya menuliskan ulang artikel lain dengan gaya bahasamu sendiri, karena itu akan membuat pembacamu bosan karena merasa sudah pernah membaca bahasan itu sebelumnya. Selalu cari sudut pandang unik untuk menuliskan suatu peristiwa atau informasi. Dengan begitu, pembacamu akan merasa tercerahkan dan tidak sabar untuk membaca artikelmu selanjutnya.

3. Gunakan gambar atau video

Menulis Community Post

Tidak banyak orang yang suka membaca artikel yang hanya berisi teks saja karena berkesan monoton. Untuk menghindari itu, kamu bisa menyisipkan gambar atau video di artikelmu sehingga pembacamu tidak cepat merasa jenuh.

Gambar atau video juga bisa membantumu menjelaskan sesuatu yang rumit dan akan cukup panjang jika dituliskan dengan kata-kata. Untuk gambar, pastikan gambar yang kamu gunakan tidak melanggar hak cipta apapun. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk mencari gambar yang aman untuk digunakan di artikelmu adalah Pixabay.

4. Cantumkan informasi yang kredibel

Menulis Community Post

Salah satu masalah yang sering timbul dengan semakin hidupnya community post adalah semakin banyak artikel dengan informasi yang tidak kredibel. Ada banyak artikel dengan kutipan palsu atau juga data yang salah. Kita harus menghindari itu.

Biasakan untuk menyajikan data yang kredibel dan akurat, tentunya tetap dengan penyampaian yang mudah dimengerti. Jangan lupa juga untuk sertakan sumber aslinya saat kita mengambil data atau kutipan tersebut.
Artikel dengan data yang kredibel akan membuat pembaca lebih percaya dengan kamu, dan tidak lagi ragu untuk membaca lebih lanjut artikel kamu lainnya.

5. Berikan tags yang relevan

Menulis Community Post

Biasanya media online yang memfasilitasi community post menyediakan fitur tags yang bisa kamu berikan pada artikelmu. Tags ini berguna untuk menandai tema atau isu yang kamu bahas di artikel tersebut.

Dengan adanya tags, pembaca yang tertarik dengan tema yang sesuai akan lebih mudah menemukan artikelmu dan membacanya. Maka temukan tags yang relevan untuk artikelmu, dan hindari memberi tags yang tidak sesuai karena itu justru bisa membuat pembaca kesal.

6. Manfaatkan media sosial

Menulis Community Post

Hari ini hampir semua media online menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk membagi artikel kita ke media sosial kita, baik itu Facebook, Twitter, bahkan Linkedin. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan fitur ini dengan maksimal.

Pastikan untuk membagikan setiap artikel yang kamu tulis ke akun-akun media sosialmu. Dengan begitu, setidaknya teman-teman terdekatmu akan mengetahui artikel yang kamu tulis dan membacanya. Apabila mereka menyukai artikel tersebut, tentu saja mereka pun tidak akan ragu untuk menyebarkan artikelmu tersebut lewat akun media sosial mereka sendiri. Dengan cara ini, peluang artikelmu dibaca banyak orang akan lebih besar dan kemungkinan artikelmu untuk menjadi viral pun meningkat drastis.


Itulah beberapa tips menulis community post yang bisa kamu terapkan di artikelmu. Di tengah banyaknya community post yang rilis setiap hari, tentu akan selalu menjadi tantangan yang seru bagaimana tulisanmu bisa dibaca banyak orang.

Dengan bisa merilis artikel dengan sudut pandang yang unik terhadap sebuah trend tertentu, lalu menyertakan data dan gambar yang relevan, dan membagikannya di akun media sosialmu, hal tersebut akan membuat artikelmu semakin bermanfaat, diminati, dan disebarluaskan oleh pembaca.

Sumber gambar: The Blue Diamond GalleryPixabay, Robert Scoble, Pexels, StockSnap, Tracy le Blanc.

Related Posts

Site Menu