Tulisan Ramah SEO

Ingin Membuat Tulisan Populer yang Ramah SEO? Yuk Coba 5 Tips Ini!

I’m a writer at Content Collision

Dulunya blogging memang dijadikan wadah untuk mengungkapkan isi hati dan pikiran secara bebas dan terbuka melalui online platform. Namun, seiring dengan perubahan zaman dan minat pembaca, blogging kini tidak melulu soal penulisnya. Kini, ketika hendak membuat suatu blog post, seorang blogger perlu memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan para pembacanya.

Jika kamu mampu menyajikan konten yang sesuai dengan selera serta kebutuhan pembaca, kemungkinan traffic yang akan didapat oleh blogmu pun akan lebih tinggi. Tentunya, ini akan membawa blogmu selangkah lebih dekat dengan kesuksesan.

Lalu, langkah seperti apa yang bisa kamu lakukan untuk menyajikan konten yang dicari untuk mendulang lebih banyak traffic? Salah satu trik yang kini diyakini cukup ampuh adalah dengan menerapkan teknik penulisan SEO.

Sebelumnya, C2live sudah pernah membagikan beberapa tips mengenai hal ini. Namun, masih ada sisi lain yang bisa diulik, lho! Seperti apa contohnya? Berikut di antaranya!

Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan pembaca

Tulisan Ramah SEO

Sekali lagi, jika kamu ingin blogmu ramai dikunjungi pembaca, kamu perlu menyajikan apa yang menjadi kebutuhan mereka. Bagaimana cara mengetahuinya? Ini bisa dilakukan dengan melakukan riset sederhana pada search engine yang biasa kamu pakai.

Misalnya, jika kamu ingin mengulas tentang SEO, cobalah ketikkan kata kunci “SEO” pada mesin pencarian dan lihat hasil yang keluar. Rata-rata hasil pencarian yang direkomendasikan berisi tautan-tautan untuk konten yang menjelaskan tentang apa itu SEO dan cara mengaplikasikannya, bukan?

Tautan-tautan tersebut tidak semata-mata berada pada halaman pertama hasil pencarian tanpa alasan yang jelas. Mereka menduduki posisi tersebut karena memiliki konten yang dicari oleh target pasar, alias para pembaca yang gemar berselancar di internet. Dengan kata lain, konten-konten yang disajikan mampu menjawab kebutuhan para pembaca.

Nah, dengan mengetahui ulasan seperti apa yang dibutuhkan oleh kalangan pembaca di luar sana, kamu bisa mengikuti pola yang ada. Tapi, jangan serta-merta menirunya secara mentah-mentah, ya. Apa gunanya, kan, membuat tulisan yang sudah pernah diulas?

Membuat tulisan yang sepenuhnya baru rasanya memang mengingat sudah ada berbagai tulisan lain yang mengulas topik-topik populer di internet. Namun, kamu masih menambahkan sekian persen aspek yang baru pada tulisanmu supaya blog post-mu lebih menjual. Misalnya, untuk kata kunci SEO ini, cobalah buat sebuah tulisan baru dengan menyematkan beberapa tips SEO yang belum banyak diulas pada konten-konten dari situs lain. Atau mungkin, kamu juga bisa menyampaikan pendapat pribadimu yang orisinal tentang penerapan SEO itu sendiri.

Jangan lupa untuk melengkapi tulisanmu pula dengan penjelasan singkat mengenai SEO di awal tulisan untuk memudahkan pembaca awam. Dengan begitu, konten yang kamu sajikan akan dirasa lebih bermanfaat dan berpotensi mendatangkan lebih banyak traffic bagi blogmu!

Pelajari lebih dalam trik para juara

Tulisan Ramah SEO

Pernahkah kamu melihat sebuah tautan yang selalu berada di lima posisi tertinggi pada SERP? Jika ya, hal itu menunjukkan bahwa tautan tersebut memiliki muatan konten yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, Google terus meng-update penilaian terhadap situs-situs yang ada untuk memperbaharui rank yang ditampilkan.

Jadi, jika kamu menemukan tautan seperti itu, petiklah sesuatu untuk dipelajari. Kembali lagi, mereka yang stabil tidak didapat dengan cuma-cuma. Coba ulik faktor-faktor apa saja yang menjadikan mereka layak mengampu posisi teratas pada SERP secara terus-menerus.

Secara umum, setidaknya, tautan yang berhasil mempertahankan posisinya adalah tautan yang memiliki konten akurat, komprehensif, mudah dibaca, up to date, dan relevan dengan kebutuhan pembaca. Nah, dengan petunjuk ini, cobalah lihat kembali bagaimana konten-konten juara tersebut menyampaikan ulasan yang mereka sajikan kepada pembaca. Semakin sering kamu mengakrabkan diri dengan konten berkualitas, lama-kelamaan, kamu akan semakin mudah untuk mengembangkan sense agar bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik.

Baca juga: Menerapkan Dasar-Dasar Praktik SEO untuk Blogmu, Begini Caranya!

Tulislah konten dengan terstruktur

Tulisan Ramah SEO

Konten yang bermanfaat memang dicari banyak orang. Namun, struktur tulisan yang rapi juga akan membuat pengunjung betah membaca karyamu hingga kalimat terakhir. Mulai dari penuturan kalimat hingga alur penjelasan yang kamu sampaikan, semua perlu kamu perhatikan agar tulisanmu tidak terkesan asal. Jangan lupa juga untuk mengeliminasi kekeliruan penulisan dan memangkas penjelasan-penjelasan yang kurang perlu.

Jika kamu mampu membuat tulisan dengan struktur yang rapi, alur yang natural, serta pilihan bahasa yang mudah dicerna dan diiringi dengan konten yang bermanfaat, bukan tidak mungkin jika nantinya mata para pembaca akan melekat pada tulisanmu. Sebab, tulisan seperti itu nyaman dibaca. Apalagi jika dari paragraf pembuka kamu sudah bisa menyampaikan pesan yang berkesan dan menggelitik untuk ditelusuri lebih jauh. Dengan konten yang seperti ini, niscaya para pembaca tak akan ogah untuk kembali bertandang ke blogmu.

Kemas keyword dalam bentuk yang informatif

Tulisan Ramah SEO

Banyak sumber sudah menjelaskan mengenai pentingnya memilih keyword yang tepat, banyak dicari, dan powerful untuk mendapatkan organic traffic yang tinggi. Namun, perlu kamu sadari juga bahwa keyword yang kamu pilih haruslah dikemas dalam bentuk yang informatif, terutama untuk dicantumkan pada Title Tag.

Percuma saja kamu memilik keyword yang laku keras tapi tidak kamu olah dengan baik penggunaanya. Bagaimanapun juga, tulisan yang kamu publikasikan ditujukan agar dibaca oleh manusia, bukan robot. Sekadar menyematkannya dalam tulisan begitu saja tidak cukup.

Mari gunakan contoh kata kunci “hosting terpercaya”. Di antara judul “Beli Hosting Terpercaya di Sini – HostingSuper.com” dan “10 Rekomendasi Hosting Terpercaya”, mana yang akan kamu pilih untuk dibaca?

Sebagian besar orang yang memang ingin mencari tahu informasi tentang hosting terpercaya tentu akan memilih judul yang kedua. Mengapa? Karena judul yang dipampangkan menggambarkan isi konten yang lebih informatif, bukan sekadar jualan. Di sisi lain, tentu ketika pembaca sudah memutuskan untuk mencari informasi melalui internet, mereka ingin mendapatkan hasil yang bermanfaat dan menjawab kebutuhan mereka; bukan yang hanya akan menghabiskan waktu saja.

Oleh karena itu, kemaslah keyword yang kamu gunakan dalam bentuk yang informatif, supaya orang-orang akan lebih tertarik dan betah untuk membaca kontenmu. Keyword yang tidak dikemas dengan baik dan natural hanya akan membuat pembacamu risih dan mempertayakan kualitas konten yang kamu miliki, sehingga hal seperti ini perlu kamu hindari.

Kerahkan upaya untuk mendapatkan backlinks

Tulisan Ramah SEO

Backlink memiliki peran yang cukup penting untuk menjadikan blogmu lebih populer dan sukses, apalagi jika backlink tersebut diberikan oleh situs-situs yang memiliki rank tinggi pada SERP dengan topik konten yang relevan juga terhadap isi tulisanmu. Dengan mendapatkan backlink, tulisanmu akan terpapar pada demografi pembaca dari situs lain. Sebuah kesempatan menarik untuk membuat blogmu lebih dikenal, bukan?

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan backlink tersebut? Perlu diakui, sebagian besar external backlinks yang bertebaran pada situs-situs di internet tidak didapat secara alami. Dengan kata lain, kamu perlu melakukan pendekatan tertentu dengan pengelola situs lain yang kamu targetkan untuk memberikan backlink bagi blog post-mu.

Mengingat peranmu sebagai blogger, kamu bisa membangun relasi dengan rekan-rekan blogger lainnya dan bekerja sama untuk saling memberikan backlink. Tidak ada yang salah dengan cara ini, jadi kamu tak perlu malu untuk melakukannya.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membagikan tulisanmu melalui media sosial. Dengan mencantumkan tautan menuju tulisanmu, akan lebih mudah bagi para pembaca untuk kembali membagikan tulisan tersebut jika dirasa layak untuk disebarluaskan.

Namun, jika kamu masih bersikeras ingin mendapatkan backlink tersebut secara natural, itu juga tak mengapa. Berjuanglah untuk menghasilkan konten se-insightful mungkin, karena pada dasarnya, konten seperti inilah yang membuat banyak orang rela memberikan backlink secara cuma-cuma tanpa diminta. Dengan kata lain, konten yang kamu tulis perlu layak dijadikan referensi unik untuk mendapatkan banyak backlink secara natural.

Baca juga: Kenali Teknik SEO Topi Hitam dan Cara Menghindarinya!


Bagaimana? Apakah dengan tips di atas membuat tulisan yang SEO-friendly jadi terkesan lebih mudah? Memang, jika ditelusuri secara mendetail, penerapan SEO membutuhkan ragam trik yang cukup rumit. Tapi, kamu bisa memulainya dengan langkah-langkah sederhana yang mudah untuk diterapkan. Jika kamu sudah bisa membuat tulisan yang SEO-friendly, nantinya akan lebih mudah bagimu untuk menerapkan teknis-teknis SEO lainnya di luar sisi penulisan.

Tetap semangat dan teruslah menggali hal baru untuk dipelajari, ya!

Sumber gambar: WowitLoveitHaveit, FunTVKids, ctgrader, NSW IPC, Madvix, Pixel Productions Inc..

Related Posts

 
Site Menu