tools menulis canggih

Tujuh Tools Menulis Canggih Ini Bisa Bikin Kamu Makin Jago Nulis!

tools menulis canggih

Untuk menjadi seorang penulis yang handal, dibutuhkan dedikasi yang tinggi. Selain belajar dari tulisan keren dan penulis ternama, kamu juga butuh bantuan! Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak loh tools menulis canggih yang dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan menulis! Yuk, cek 7 rekomendasi dari Blog C2live ini!

7 tools menulis canggih biar nulis makin jago

1. Grammarly

Jika kamu sering menggunakan kosa kata Bahasa Inggris dalam tulisanmu, maka tool menulis canggih ini sangat dibutuhkan. Grammarly membantu kamu menemukan typo, kesalahan tata bahasa (grammar), bahkan merekomendasikan sinonim kata sehingga mengurangi penggunaan istilah yang repetitif. Lebih canggih lagi, Grammarly juga bisa memeriksa kadar plagiarisme dari karya tulismu!

Grammarly dapat menemukan 250 jenis kesalahan (yang seringkali terlewatkan oleh microsoft word). Tool ini dapat kamu gunakan secara gratis dengan mengunduh add-on Grammarly di Chrome Web Store.

2. Hemingway Editor

Nama tool ini diambil dari seorang penulis legendari Ernest Miller Hemingway, seorang penulis cerita pendek, novel, dan jurnalis. Hemingway Editor dirancang untuk mendeteksi kalimat – kalimat kompleks yang sulit dipahami pembaca. Cara kerjanya adalah meng-highlight kalimat atau paragraf yang terlalu panjang dan tidak efektif. Tool ini juga dapat menandai kalimat pasif dan merekomendasikan kata pengganti yang cocok. Pada situsnya, Hemingway Editor dapat digunakan secara gratis!

3. Refly

tools menulis canggih

sumber: refly.com

Merupakan tool dengan Artificial Intelligence yang mampu mengoreksi tulisan kamu secara langsung selama kamu menulis, membantu menghindari kesalahan pengejaan, dan memperbagus tatabahasa.

Satu fitur unik dari Refly adalah Mark Your Calendar yang mengijinkan penggunanya untuk menetapkan pencapaian menulis setiap harinya. Cara kerjanya sederhana, kamu perlu menandai kalender kapan kamu ingin menulis dan Refly akan mengirimkan notifikasi ke e-mail kamu sehingga kamu bisa menciptakan kebiasaan baru ketika menulis. Practice makes perfect!

Baca juga: 10 Tantangan Blogging yang Umum Banget dan Bagaimana Kamu Bisa Mengatasinya

4. The Most Dangerous Writing App


Tooli menulis canggih ini merupakan mimpi buruknya para prokrastinator. Alasannya? Pengguna perlu menentukan waktu yang ditentukan untuk menulis dan jumlah kata yang ingin dicapai. Nggak ada ruang buat tunda menunda!

Sebagai contoh: Jika kamu ingin menuliskan 150 kata lalu kamu berhenti menulis selama 5 detik (waktu pilihanmu), secara otomatis tool ini akan menghapus semua yang kamu tulis dan tidak bisa dikembalikan. Tujuannya adalah membantu kamu meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir secara cepat. Berani coba?

5. Twords

tools menulis canggih

sumber: twords

Twords melatih kamu untuk menulis secara konsisten. Tool menulis canggih ini bisa mengingatkan kamu dengan mengirimkan notifikasi untuk menulis apabila penggunanya tidak menulis untuk jangka waktu yang kamu tentukan sendiri.

Twords juga menyimpan riwayat menulis sehingga kamu bisa melihat seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk menulis, serta membandingkan produktivitasmu dalam menulis per periode waktu (mingguan atau bulanan).

Fitur paling keren dari tool ini adalah sumber inspirasi topik dalam menulis dan artikel – artikel berkaitan. Setiap kali kamu membuat laman tulisan baru, akan ada pop-up tips yang berguna!

6. 750 Words

Salah satu cara paling efektif untuk memicu kreativitas menulis adalah dengan

melakukan aktivitas brain dump. Aktivitas ini dilakukan dengan cara menuliskan semua hal yang terlintas dalam pikiranmu (apapun itu) tanpa perlu khawatir kamu tidak mampu menyelesaikan sebuah tulisan. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang bagi otak dengan “membuang” pikiran-pikiran random yang ada di dalam kepala.

750 Words menyediakan tempat bagi kamu untuk melakukan aktivitas brain dumping. Kamu harus menuliskan semua yang ada dipikiranmu dalam 750 kata atau kurang lebih 3 halaman. Yang lebih keren lagi, tools menulis canggih ini memiliki fitur yang men-track proses menulismu seperti lama waktu yang dibutuhkan, jumlah distraksi, kecepatan menulis per menit, dan kamu bisa melihat progress harian kamu!

Tool ini juga secara otomatis memprediksi tema tulisan kamu setiap harinya, sehingga kamu bisa memahami perkembangan mood-mu setiap harinya.

7. Google Docs

Google Docs? Ya. Blog C2live merekomendasikan Google Docs sebagai salah satu tools menulis canggih yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis kamu. Google Docs memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan seperti research tool untuk melakukan riset online mengenai topik yang kamu tulis, mencari sumber informasi relevan, dan menyisipkan gambar open source tanpa perlu repot download terlebih dahulu.

Teman – teman penulis C2Live menggunakan Google Docs untuk aktivitas menulis mereka, karena pada Google Docs disertai fitur yang mengijinkan teman untuk mengomentari atau mengedit tulisan. Kamu bisa meningkatkan kemampuan menulis kamu melalui kritik dan saran dari teman – temanmu yang terhubung dengan akun Google!

Baca juga: Biar Pengunjung Blog Meningkat, Yuk Pakai Newsletter!


Buat kamu yang sering kebingungan dan nggak pede dengan tulisanmu, kini bisa membuang jauh-jauh gundah tersebut. Ketujuh tools menulis canggih di atas bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan menulis kamu. Namun, kunci keberhasilan tetap berada pada tangan sang penulis. Bagaimana pun juga, tools hanyalah tools, tidak peduli seberapa canggih, penulis harus pandai menggunakannya dulu! Semoga tips di atas membantu kamu dalam menulis ya! Nantikan tips menulis lainnya dari Blog C2live!

Related Posts

4 Comments

Comments are closed.

 
Site Menu