tools menulis

5 Rekomendasi Tools Menulis yang Perlu Setiap Penulis Ketahui

Tidak selamanya menulis itu mudah. Pada waktu tertentu, kamu pasti akan dihadapkan dengan berbagai hambatan yang mengakibatkan tulisan kamu sulit diselesaikan. Jika kamu sudah mencoba segala cara namun hasil tulisanmu tetap kurang memuaskan, mungkin ini saatnya kamu mengetahui tentang 5 tools menulis yang akan siap sedia membantu kesulitan kamu.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk segera simak ulasan dari kelima rekomendasi tools menulis berikut ini!

5 Rekomendasi Tools Menulis


1. Daily Page

tools menulisSeringkali alasan kita tidak menulis adalah kehabisan ide. Sekeras apa kita berpikir, sejauh mana kita mencari, inspirasi tidak kunjung datang. Terkadang, inspirasi memang harus langsung diberikan di depan mata, tidak bisa kita cari begitu saja. Itulah gunanya Daily Page.

Bila mendaftar, Daily Page akan mengirimkan inspirasi dan prompt ide menulis setiap harinya untukmu. Dari ratusan prompt yang dimiliki, pasti ada yang cocok dan membantu untukmu!

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan akses kepada kursus menulis profesional dari situs ini. Di luar ini semua, kamu juga bisa melacak perkembangan dan status menulis kamu dari waktu ke waktu. Nggak ada lagi alasan tidak menulis karena kehabisan ide!

2. Pro Writing Aid

tools menulisKetika kita menulis, terkadang kita butuh lebih dari seorang editor untuk menilai dan mengevaluasi tulisan kita. Manusia yang terkadang bisa melewatkan typo, atau tidak membaca ada kalimat yang tidak efektif.

Nah, di sini, Pro Writing Aid membantu kamu dalam menganalisa hasil tulisanmu. Alat ini akan menonjolkan tidak hanya salah ketik, namun juga kalimat yang tidak efektif, terlalu panjang, kata berlebihan, dan bahkan plagiarisme!

Di luar itu, akan ada beberapa rekomendasi dan usulan perbaikan kalimat. Indah sekali, bukan?

3. ZenPen

tools menulisAda beberapa penulis yang menganggap bahwa toolbar di Word, Google Docs, atau di blog itu mengganggu konsentrasi. Nah, jika kamu termasuk salah satu diantaranya, tools menulis yang satu ini sangat cocok untuk kamu.

Jika kamu menulis di ZenPen, kamu tidak akan menemukan toolbar apapun. Untuk menebalkan, memiringkan, mengutip, atau memasukkan link kamu hanya perlu memilih kata yang kamu inginkan.

Konsep minimalis yang ditawarkan ZenPen ini bisa membantu kamu untuk tetap fokus menulis tanpa distraksi ukuran tulisan, font, atau spasi. Jika tulisanmu sudah selesai, kamu bisa copy-paste dan lakukan editing di Word, Google Docs, atau blog pribadimu.

4. oTranscribe

tools menulisBagi kamu yang memiliki job untuk menulis artikel wawancara, kamu pasti memerlukan data untuk ditranskirpsi. Memutar data dan mencatat langsung terntunya akan sangat merepotkan. Apalagi kalau narasumber yang kamu wawancarai berbicara dengan nada cepat dan terburu-buru.

Tapi kamu nggak perlu khawatir lagi karena tools menulis yang satu ini bisa mengatasi masalah tersebut. Dengan oTranscribe, bukan hanya data yang berbentuk audio saja yang bisa kamu transkripsi, video dari YouTube pun bisa!

5. TomatoTimer

tools menulisSaat menulis, kamu pasti butuh waktu untuk istirahat dan santai sejenak. Biasanya kamu perlu sekitar 10 menit untuk meregangkan otot-otot yang kaku karena terlalu banyak mengetik.

Tapi, niat 10 menit tesebut kadang molor hingga puluhan menit hingga akhirnya terlupa. Kamu hampir nggak sadar kalau kamu membuang waktu dengan percuma dan tulisan pun terbengkalai.

TomatoTimer bisa mengatasi kebiasaan lupa jam selama bekerja. Dengan tools menulis yang satu ini, kamu bisa mengatur waktu istirahatmu secara otomatis. Bisa singkat ataupun panjang.

Setelah kamu masukan angka atau menit yang kamu inginkan, secara otomatis TomatoTimer ini akan menghitung mundur, layaknya stopwatch di layar monitor yang bersuara dan memunculkan notifikasi di layar komputermu. Jadi, kamu nggak punya alasan lagi untuk lupa dengan tulisan yang sedang kamu kerjakan.


Semoga 5 rekomendasi tools menulis di atas nggak hanya akan membantu proses menulis kamu menjadi lebih mudah, namun juga memotivasi diri kamu untuk terus menghasilkan tulisan yang berkualitas dan menginspirasi orang lain.

Supaya menulis jadi lebih mudah dan menyenangkan, temukan berbagai tips lainnya di Blog C2live, yang akan mengasah kemampuan dan memperbanyak pengetahuan kamu soal menulis, blog, SEO, dan masih banyak lagi!

Sumber: Daily PagePro Writing AidGitHubTop Best AlternativesTomato Timer.

Related Posts

Site Menu