niche blog

Ketahui Niche Blog yang Kompetitif di Indonesia, Ini Dia 5 di Antaranya

Sebagai blogger, ada baiknya kamu menentukan topik utama/niche apa yang menjadi fokus pembahasanmu. Namun, ternyata hal ini bukan merupakan sesuatu yang gampang untuk dilakukan bagi sebagian blogger. Kamu perlu menemukan formula yang bisa menggabungkan passion-mu dengan minat para pembaca supaya blogmu memiliki daya saing yang lebih tinggi.

Mengapa kamu perlu mengupayakan hal itu? Jawabannya adalah supaya blogmu bisa memiliki daya tahan yang lebih tinggi untuk terus berjalan secara berkesinambungan. Jadi, kamu perlu mengetahui topik-topik apa saja yang banyak diminati dan sedang ngetren di kalangan pembaca. Lalu, niche apa saja yang sedang ramai diminati? Berikut lima di antaranya!

1. Bisnis

niche blogTopik bisnis di Indonesia dapat dibilang sedang merajalela. Dalam era digital ini, banyak orang-orang yang ingin mengetahui bagaimana melakukan transaksi online serta investasi-investasi yang menguntungkan.

Akhir-akhir ini, topik yang sedang ramai dibicarakan adalah bitcoin. Bitcoin merupakan cryptocurrency yang dapat digunakan untuk transaksi. Untuk bisat mendapatkan profit yang besar, orang – orang pasti akan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Karenanya, topik ini menjadi sangat diminati oleh banyak orang Indonesia.

Selain itu, adanya cryptocurrency lain, seperti Ethereum, Blockchain, dan Ripple membuat topik ini jadi dapat dikembangkan lebih luas lagi. Karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu dan memperluas wawasan seputar informasi ini untuk kamu ulas pada blogmu.

2. Kuliner

niche blogIndonesia dikenal sajian kulinernya yang sangat beragam. Belum lagi, sudah banyak pula hidangan asing yang populer di tanah air. Karena itu, wajar saja jika niche blog kuliner sangat ramai peminatnya.

Apabila kamu ingin memulai topik ini, tentu kamu perlu memperluas wawasanmu mengenai ragam kuliner yang ada, baik kuliner tradisional nusantara maupun hidangan luar negeri. Dengan kata lain, kamu harus banyak icip-icip dan cari tahu informasi lainnya terkait berbagai hidangan yang ada di nusantara, supaya kamu bisa mengulas hidangan terkait dari berbagai sisi.

Selain itu, topik kuliner dapat dikembangkan menjadi lebih luas seiring kreativitas makanan di Indonesia terus bertambah. Contohnya, akhir-akhir ini, banyak sekali fenomena makanan unik, seperti Indomie donut, es kepal, dan masih banyak lagi. Hal ini membuat topik kuliner menjadi topik yang tidak akan pernah padam dan terus memiliki informasi segar untuk diulas.

3. Teknologi

niche blogPertumbuhan teknologi kian berkembang di Indonesia. Perangkat digital yang marak digunakan untuk kehidupan sehari-hari tidak lagi sekadar unit-unit komputer, tetapi ada laptop, smartphone, tablet, dan smartwatch yang sudah dapat dimanfaatkan dengan fasih oleh sebagian besar warga Indonesia.

Hal ini membuat pasar pembaca niche teknologi dapat dikatakan cukup stabil dan terus berkembang, karena adanya sub topik-topik baru yang akan selalu bermunculan. Dari situ, jumlah peminatnya pun juga diamati terus berkembang. Karenanya, penting bagimu untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi ter-update untuk bisa terus memberikan tech-insight bagi pembaca-pembaca modern.

Baca juga: Coba Tips Ini untuk Ubah Pembahasan dari Niche Membosankan jadi Menarik!

4. Travel

niche blogKetika kamu sedang mempertimbangkan diri untuk menjadi travel blogger, mungkin hal ptertama yang terlintas di kepalamu adalah tingginya biaya perjalanan yang perlu kamu kucurkan dari waktu ke waktu. Hal itu tidak sepenuhnya salah, namun bukan berarti kamu tidak dapat menjelajahi berbagai daerah dengan biaya yang terjangkau, lho!

Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan bagaimana kamu bisa mengeksplor, mendapat, dan berbagi pengalaman kepada para pengunjung blogmu. Jadi, bukan hanya pribadimu yang untung, blogmu pun juga bisa berkembang dengan jumlah peminat yang banyak. Dengan didukung penyampaian yang insightful dan gaya penulisan yang baik, kamu tidak perlu khawatir tentang trafik dari blogmu.

5. Beauty

niche blogNiche terakhir yang juga sangat populer di kalangan pembaca Indonesia adalah kecantikan. Niche yang satu ini memiliki target pengunjung yang spesifik yang didominasi oleh kaum perempuan. Sehubungan dengan ini, saking banyaknya produk-produk kecantikan di pasar dalam negeri, ada topik-topik yang bisa dikembangkan oleh para beauty blogger Indonesia. Bahkan, banyak dari mereka yang mendapat tawaran endorse dan kerja sama lain dari brand-brand kecantikan.

Hal ini sontak juga membuat banyak sekali perempuan Indonesia ingin memulai blog yang sesuai dengan passion mereka terkait topik kecantikan dan mendapatkan profit dengan menyalurkannya melalui blog.

Jika kamu berniat untuk mengembangkan blog dengan niche ini, kamu dapat memulainya dengan mengikuti komunitas-komunitas beauty blogger di Indonesia. Salah satu komunitas beauty blogger terbesar di Indonesia adalah Beautynesia. Dengan bergabung pada komunitas seperti ini, kamu dapat bertukar pikiran dan membangun relasi dengan sesama beauty blogger lain. Dengan begitu, kamu mungkin saja akan diundang pada acara-acara seminar yang diadakan oleh brand terkenal, lho.

Baca juga: Masih Meragukan Manfaat Niche pada Blog? Coba Simak 4 Hal Ini


Nah, itulah 5 niche blog yang terhitung kompetitif di Indonesia. Semoga informasi di atas bisa kamu jadikan referensi pertimbangan, baik untuk memulai ataupun mengembangkan blogmu.

Dengan topik-topik yang sedang trending tadi, dipadu dengan gaya penulisan yang unik, daya tarik blogmu pun bisa meningkat. Semangat!

Sumber gambar: Capsule, jasa SEO, Qraved, SBLaw, Salon urody, Makeup and Beauty Blog.

Related Posts

Site Menu