Tren Blog

Ikuti 4 Tren Blog Ini dan Buat Blogmu jadi Lebih Nendang di Tahun 2018

Satu minggu lagi, tahun 2018 sudah akan memasuki bulan keempat. Dalam waktu hampir tiga bulan ini, sudah banyak tren baru yang tercipta di berbagai bidang. Tren dalam dunia blogging pun juga turut berkembang, apalagi mengingat bidang ini sangat dekat dengan ranah teknologi yang kemajuannya selalu berkembang pesat.

Sebagai blogger, kamu tentunya ingin agar blogmu senantiasa ramai pengunjung, kan? Karenanya, jangan biarkan blogmu ketinggalan tren terbaru yang bisa bikin pembaca pada kabur. Update dengan perkembangan yang ada bukan hal yang buruk untuk dilakukan, kok, selama tujuannya bersifat konstruktif. Malah, blogmu pun bisa jadi ikut berkembang dan memberikan performa yang lebih baik. Karenanya, kamu perlu coba nih 4 tren blog di tahun 2018 ini! Ada apa saja, ya? Yuk, kita lihat ulasannya!

1. Blog dengan Konten Relatif Panjang Lebih Digemari

Tren Blog

Walaupun zaman sekarang sering dicap sebagai zaman di mana orang-orang mulai malas membaca, bukan berarti kita oke-oke saja jika dihadapkan dengan bacaan singkat yang nggak ada intinya. Jika dibandingkan dengan bacaan seperti itu, tulisan dengan konten yang relatif panjang malah jadi lebih menarik untuk dibaca.

Dalam hal ini, panjang bukan berarti kamu menyuguhkan konten hingga berhalaman-halaman yang akan menghabiskan banyak waktu untuk dibaca. Normal saja; bacaan yang dianggap layak biasanya berkisar antara 1000-1500 kata. Sebenarnya, hal ini dikembalikan lagi pada siapa pembaca yang kamu tuju. Dalam konteks blogging, range tersebut dianggap sebagai jumlah kata yang ideal sebagai patokan untuk menyuguhkan konten pada pembaca.

Pasalnya, bacaan yang terlalu singkat cenderung nggak bisa memuat informasi yang komprehensif, sehingga membuat pembaca merasa nggak akan mendapat manfaat lebih dan enggan menelaah konten yang disajikan. Di sisi lain, konten dengan jumlah kata yang mumpuni dapat memuat lebih banyak informasi dan mampu membuat kunjungan pembaca pada blogmu jadi lebih lama karena perlu memproses informasi yang ada.

Tentunya, hal ini nggak sebatas persoalan jumlah kata belaka. Konten yang relatif panjang tentu memiliki ekspektasi agar dapat menghadirkan tulisan yang lebih berkualitas dan elaboratif. Dengan begitu, pembaca juga akan menilai kalau tulisan nggak dibuat dengan asal dan lebih ‘sudi’ untuk membacanya. Karenanya, konten seperti ini juga lebih banyak mendapat perhatian dari media sosial, sebab nilai gunanya dianggap lebih tinggi. Belum lagi jika didukung dengan otentisitas informasi yang kamu sajikan, pasti blogmu akan dibanjiri traffic jika kamu rutin mem-posting konten-konten seperti ini!

2. Sajikan Konten yang Berguna bagi Pembaca

Tren Blog

Kembali lagi, walaupun bacaan dengan jumlah kata yang cukup panjang sekarang sedang diminati, jangan sampai kamu hanya merangkai kata hingga menjadi tumpukan paragraf yang nggak ada intinya. Pembaca tentu memiliki tujuan ketika ia memutuskan untuk membaca, yaitu supaya mereka mendapatkan informasi yang berguna. Paling nggak, bacaan bacaan tersebut dapat menghibur mereka. Tentunya, ini juga menjadi suatu guna tersendiri bagi mereka.

Jadi, pastikan bahwa apapun jenis konten yang kamu sajikan, konten tersebut bisa mengantarkan suatu manfaat tertentu bagi pembacanya. Di zaaman yang serba sibuk seperti sekarang, waktu sangat berharga. Pembaca nggak akan mau membuang-buang waktunya untuk melakukan hal yang nggak bakal berharga buat mereka.

Nah, bagaimana caranya supaya kontenmu bisa berguna bagi pembaca? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah jangan terpaku pada tujuan untuk mendatangkan traffic yang tinggi. Hal ini seringkali membuat blogger mengabaikan kebermanfaatan konten sehingga berakhir dengan menayangkan tulisan-tulisan yang “ngomong doang”, nggak valid, atau bahkan nggak sesuai fakta yang ada.

Sebaliknya, fokuslah pada tujuan untuk menyajikan konten yang mengedukasi, informatif, dan tetap menarik. Misalnya, jika kamu seorang blogger yang memilih niche travel, alih-alih hanya menceritakan seluruh excitement dan hype pribadi yang kamu rasakan saat sedang membuat ulasan pengalaman trip, sampaikanlah juga informasi mengenai transportasi yang cocok digunakan untuk mencapai lokasi wisata, penginapan terdekat yang recommended, dan bagaimana cara berperilaku sebagai wisatawan yang bijak di lokasi tersebut.

Baca juga: Buat Blogmu Makin Diserbu dengan Memanfaatkan Tren Media Sosial!

3. Optimasikan Blog Post Kamu setelah Selesai Menulisnya

Tren Blog

Untuk membuat blog post yang baik dan mampu bersaing, merampungkan sebuah tulisan yang bermanfaat untuk kemudian di-publish nggak lagi cukup. Apalagi di era digital yang memungkinkan jutaan informasi berhamburan di dunia maya. Jika kamu nggak memanfaatkan trik yang tepat, bisa-bisa blog post yang kamu sudah tulis dan kembangkan dengan susah payah malah tenggelam begitu saja tanpa bisa dibaca oleh banyak orang.

Karenanya, manfaatkanlah pengetahuanmu tentang SEO dan terapkanlah. Bagi kamu yang belum familiar dengan SEO, jangan enggan untuk mempelajarinya. Kalau kamu berniat untuk blogging secara rutin untuk waktu yang sangat panjang, memahami dan memanfaatkan trik-trik SEO akan jadi kunci yang sangat penting bagi kamu. Kamu juga pastinya akan senang kalau banyak organic traffic yang datang pada blogmu, kan?

4. Promosikan Post-mu

Tren Blog

Jangan hanya diam dan menuggu supaya blog post-mu banyak dibaca orang. Kamu juga perlu mempromosikannya. Hal ini penting untuk kamu lakukan, apalagi jika kamu sedang membangun citra blogmu. Dalam hal ini, manfaatkanlah strategi-strategi content marketing yang kamu tahu. Bahkan, akan lebih baik lagi jika kamu mau mempelajari lebih dalam tentang teknik pemasaran digital yang sedang booming ini.

Melihat sosial media juga semakin ramai pengguna dewasa ini, nggak ada salahnya kok untuk mempromosikan tulisan-tulisan yang telah kamu terbitkan melalui akun-akun media sosial yang kamu punya. Dengan demikian, kamu sudah membuka jalur lain bagi pembaca untuk mengakses posting-anmu, sehingga kesempatan supaya kontenmu terbaca akan lebih besar.

Kalau perlu, kamu juga bisa rutin membagikan newsletter bagi pembaca-pembaca setiamu atau membangun afiliasi dengan komunitas-komunitas blogger yang ada untuk memperluas exposure blog kamu. Pokoknya, kalau mau tulisanmu banyak dibaca, bagikan, bagikan, dan bagikan!


Melihat tren blog yang ada sekarang, kamu sudah paham kan kalau blogging nggak lagi sebatas kegiatan berbagi curhat atau informasi? Jika dulu kamu tinggal tulis dan publish ketika blogging, sekarang sudah banyak hal yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan.

Sebenarnya sih nggak ada yang salah dengan menuangkan apa yang memang ada dalam kepalamu semata menjadi sebuah tulisan dan menayangkannya begitu saja sebagai blog post. Tapi, kamu juga ingin kan agar blog post-mu berkenan di hati para pembaca? Karenanya, kamu butuh memastikan bahwa konten yang kamu sajikan sesuai dengan kebutuhan mereka dan manfaat yang kamu bagikan sampai pada pembaca. Oleh karena itu, cara-cara tadi bisa kamu coba untuk membuat blogmu semakin digandrungi di sepanjang tahun ini. Selamat mencoba dan sukses selau!

Sumber: Deschide, ThirtyOne Recordings, reading.ac.uk, Pixel Kicks, Quiet Revolution.

Kamu blogger yang peduli dengan social causesJangan lupa ikuti juga kontes menulis “Perempuan Juara di Lingkungan Kerja” yang diadakan oleh C2live. Tunjukkan kepedulianmu terhadap kaum perempuan dengan berbagi cerita/ide inspiratif bahwa perempuan juga bisa jadi juara di lingkungan kerja!

Related Posts

Site Menu