lama-hiatus-blogging-fitur

Apa Yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Menghidupkan Kembali Blogmu Setelah Lama Hiatus Blogging

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang bloger jadi mengambil hiatus. Entah itu karena kehabisan ide nulis, ga ada mood, atau bahkan bosan karena pengunjung ga nambah. Apapun alasannya, lama hiatus blogging sudah hampir dipastikan merugikan blogmu. Mulai dari penurunan pengunjung, hingga konten-kontenmu yang jadi tenggelam dalam peringkat di mesin pencari (search engine).

Namun, semua belum berakhir koq, kalau kamu lama hiatus blogging. Nyatanya, akan jauh lebih mudah menghidupkan kembali blog kamu yang terlantar daripada membuat yang baru. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sejumlah trik untuk melakukan comeback yang bombastis dan menarik kembali pengunjung dalam jumlah besar ketika ingin menghidupkan kembali blogmu.

Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk kembali blogging setelah lama hiatus? Tuk, langsung simak tindakan-tindakan yang bisa jadi andalanmu.

1. Buat Countdown Misterius

lama-hiatus-blogging-2

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan sebuah konten misterius di media sosial kamu. Layaknya orang yang ingin memberikan kejutan yang besar, buatlah countdown misterius di media sosialmu atau di beberapa forum-forum. Hal ini akan menarik keingintahuan orang-orang mengenai konten yang akan kamu rilis.

Jika kamu bingung bagaimana cara membuat countdown , C2live kasih ide, ya. Kamu bisa merencanakan satu konten bombastis dan mendesain beberapa foto yang mendeskripsikan konten yang akan kamu tulis. Dengan ini, percayalah! Pengunjungmu akan bertanya-tanya tentang konten apa yang akan kamu rilis di beberapa waktu kemudian. Coba buat countdown tersebut seminggu sebelum kontenmu rilis.

2. Mengecek Komentar

lama-hiatus-blogging-3

Selain menulis sebuah posting, hal lain yang bisa kamu lakukan setelah vakum adalah mengecek komentar pada blog. Selama vakum, kemungkinan besar ada komentar yang masuk dan belum sempat kamu baca dan ketahui. Mungkin juga ada komentar yang perlu di-approve atau dihapus.

3. Blogwalking

lama-hiatus-blogging-4

Langkah selanjutnya kamu bisa melakukan blogwalking atau jalan-jalan ke blog milik teman-teman kamu. Ini cara yang lumayan jitu setelah hiatus. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa secara nggak langsung kamu mengatakan kepada teman blogger bahwa kamu sudah kembali dari waktu hiatus.

4. Pendekatan Kembali

lama-hiatus-blogging-5

Ibarat pacaran, hubunganmu dengan pengunjung sudah cukup jauh rasanya. Jadi, kamu butuh pendekatan kembali dengan pengunjungmu. Kamu bisa mulai pendekatan dengan melakukan survei kecil mengenai pendapat mereka tentang isu yang lagi ngetren jaman sekarang atau apapun yang menurut kamu akan menarik perhatian mereka.

Dari sana, kamu bisa mendapatkan suntikan vitamin untuk ngeblog dan menulis konten baru yang lebih segar dan sesuai dengan keinginan pengunjungmu. Dengan ini, kamu juga nggak akan kehilangan pengunjung lamamu dan bisa menambah pengunjung baru.

5. Daur Ulang Konten Lama

lama-hiatus-blogging-6

Setelah mendekati pengunjung lamamu, kamu bisa lihat kembali daftar konten yang sudah pernah kamu tulis. Pilih beberapa judul yang memiliki popularitas paling tinggi. Konten-konten daur ulang ini bisa jadi bahan comeback. Kamu bisa mengubahnya ke dalam format slide share atau podcast yang lebih ringkas dan lebih ‘masa kini’. Ubah informasi di dalamnya menjadi berkas multimedia semacam video atau audio juga bisa jadi magnet buat pengunjung kamu juga, lho.

Kamu juga bisa update konten lama tersebut dengan menambahkan detail baru. Penyegaran konten lama ini bisa kamu lakukan dengan memberikan grafik atau data terbaru yang lebih relevan. Beri tanda juga bahwa kamu sudah melakukan pembaharuan dalam konten tersebut.

6. Andalkan Facebook Ads

lama-hiatus-blogging-7

Yang terakhir adalah mengandalkan Ads dari Facebook. Kalau kamu hanya mengandalkan daftar pembaca lama saja buat membangkitkan kembali blog yang sudah mati suri itu sungguh nggak cukup. Kamu perlu pengunjung baru. Facebook Ads adalah salah satu alat efektif dan efisien untuk mewujudkan tujuan tersebut. Dengan Facebook Ads, kamu bisa memanen pembaca baru dengan target yang sesuai dengan niche blog, namun dengan harga yang terjangkau.


Untuk melakukan comeback memang nggak gampang. Hal yang harus kamu selalu ingat agar kamu tetap semangat nge-blog adalah motivasi pertama dan tujuan kamu ketika memulai blog. Jangan lupakan rasa senang dan antusiasme yang bikin kamu terjun ke dalam dunia blog. Bergabung dengan komunitas yang mendukung akan memberikan semangat dan ide positif agar kamu tetap konsisten menjaga blog-mu.

Buat kamu yang masih belum punya ide apapun untuk melakukan comeback atau bahkan menulis konten. Jangan lupa buat selalu simak blog C2live, ya! Karena nggak cuma memberikan ilmu yang bisa kamu terapin, tapi juga pengalaman yang bisa kamu ambil sebagai pembelajaran. Good luck!

Sumber: Daphne Caruana Galizia’s Notebook, Creative Market, ShutterStock, Sanjay Web Design, Entrepreneur, English Chit Chat, Career Intelegence, Maria Zammit’s Blog

Related Posts

Site Menu