#2thMerajutKebersamaan

#2thMerajutKebersamaan, Blogger Jakarta Rayakan Ulang Tahun dengan Menyantuni Yayasan Sosial

I’m a writer at Content Collision

Kalau kamu adalah seorang blogger yang aktif mengikuti perkembangan blogging, pastinya nama komunitas Blogger Jakarta sudah tidak asing lagi, dong, di telinga? Sesuai namanya, Blogger Jakarta adalah sebuah komunitas yang dibentuk untuk menaungi para blogger di Jakarta dan daerah sekitarnya. Sudah didirikan sejak 11 Juni 2016, komunitas ini ternyata belum lama merayakan ulang tahunnya yang ke-dua, lho, tepatnya pada Minggu, 3 Juni lalu. Ada kisah seru seperti apa, ya, di balik perayaan ini? Yuk, kita telisik bersama!

Sekilas tentang Blogger Jakarta dan Kegiatan-kegiatannya

blogger jakarta

Bertempat di Kawasan Kota Tua, Blogger Jakarta berdiri dengan visi utama untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui tulisan-tulisan para blogger. Kini, Blogger Jakarta sudah genap berusia dua tahun. Dengan tetap mengemban visi tersebut, komunitas ini sudah kian berkembang melalui berbagai kegiatan yang diadakannya.

Salah satu kegiatan unggulan yang diadakan oleh Blogger Jakarta untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa adalah Sharing Session. Dalam kegiatan ini, partisipan diajak untuk bersama-sama mengulas dan bertukar pikiran mengenai sebuah topik tertentu yang sedang diangkat.

Agar sesi yang diadakan bisa benar-benar memberikan faedah bagi para pesertanya, pembicara-pembicara yang merupakan ahli di bidangnya pun seringkali diundang untuk membawakan materi. Biasanya, pembicara tersebut juga merupakan anggota internal komunitas Blogger Jakarta sendiri. Hal ini ditujukan agar Blogger Jakarta juga dapat berfungsi sebagai wadah untuk mengekspresikan diri.

Tidak hanya itu, di samping Sharing Session, komunitas ini masih memiliki berbagai kegiatan lain, seperti Blogger Jakarta Goes to School, bekerja sama dengan berbagai brand, hingga menghadiri berbagai event bagi para blogger yang diselenggarakan oleh pihak lain dan membuka booth di sana.

Perayaan #2thMerajutKebersamaan

blogger jakarta

Selain mengadakan berbagai kegiatan/acara untuk pengembangan diri, Blogger Jakarta juga mengadakan kegiatan perayaan, lho. Seperti untuk acara perayaan ulang tahun kali ini, Blogger Jakarta mengadakan kegiatan santunan kepada anak-anak yatim dan duafa binaan dari Yayasan Lazisna. Tidak hanya sekadar ingin mengadakan perayaan suka cita secara internal, Blogger Jakarta juga ingin berbagi kebahagiaan kepada mereka yang selayaknya juga bisa merasakan kebahagiaan, namun jarang mendapatkan kesempatan untuk merasakannya. Karena itulah, komunitas ini memutuskan untuk melakukan kegiatan santunan sebagai perayaan lanjut usianya.

Dalam perayaan ini, Blogger Jakarta mengusung tagline “#2thMerajutKebersamaan”, yang memiliki makna bahwa berkat kebersamaan dan kerja sama dari seluruh anggotalah, Blogger Jakarta bisa tetap eksis hingga usianya yang ke-dua ini. Semua aspek yang ada dalam komunitas ini memiliki andil tersendiri dalam meniti perjalanan Blogger Jakarta hingga saat ini. Diharapkan, dengan #2thMerajutKebersamaan itu, ke depannya Blogger Jakarta bisa menjadi komunitas yang lebih solid dan bersama-sama mengembangkan diri dalam meraih visi serta menjalankan misinya.

blogger jakarta

Di sisi lain, walaupun perayaan ulang tahun memang menjadi momen bahagia yang penuh suka cita dan selalu dinanti, bukan berarti tidak ada perjuangan khusus yang dikerahkan untuk membuat momen perayaan itu terwujud seideal mungkin. Seperti pada perayaan ulang tahun kali ini, Blogger Jakarta yang merupakan komunitas non-profit sempat merasa memiliki kekurangan dari segi pendanaan walaupun sudah memiliki perencanaan dan konsep acara yang matang. Untunya, C2live dan Blogger Jakarta diberikan kesempatan untuk bertemu dan mendisukusikan kerja sama yang mungkin untuk dilakukan, sehingga pada akhirnya acara ini bisa berlangsung hingga akhir.

Adapun dalam perayaan ulang tahun ini, Blogger Jakarta juga mengundang tujuh komunitas blogger lainnya dan satu komunitas pemrograman. Walaupun pada akhirnya hanya ada dua komunitas blogger yang berhasil menyempatkan diri untuk datang, namun Blogger Jakarta yakin bahwa seluruh komunitas tetap mendoakan dan mendukungnya agar bisa menjadi komunitas yang berguna bagi bangsa.


Setelah dua tahun melalui berbagai perjuangan dan kisah suka maupun duka, tentunya Blogger Jakarta tidak mau hanya bergerak di tempat saja. Memang, sudah ada berbagai pencapaian yang telah diraih, namun komunitas ini tetap berharap agar bisa terus mengembangkan diri dan bisa lebih aktif memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan tanah air; menjadi sumber ilmu yang bisa dituai banyak orang. Di luar itu, komunitas ini juga berharap agar dirinya bisa memberikan berbagai manfaat dengan lebih dan lebih lagi bagi tiap anggotanya, sehingga mereka bisa terus mengembangkan diri dan membangun solidaritas dengan bergabung dalam komunitas Blogger Jakarta.

Sumber: Dok. Blogger Jakarta

Anyway, kalau kamu ingin mengembangkan kemampuanmu sebagai blogger, yuk coba ikutan berbagai

kompetisi blog

ini untuk mengasah skill-mu!

Related Posts

 
Site Menu