Isnaini Khomarudin

Terpilih sebagai Pemenang C2live Creator Contest 2, Ini Dia 5 Hal yang Membuat Tulisan Isnaini Khomarudin begitu Menarik

I’m a writer at Content Collision

Hai, kawan-kawan blogger! Tak terasa, Creator Contest 2 dari C2live yang bertema “Kenapa Harus Ngeblog?” sudah selesai, nih. Buat kalian yang belum tahu siapa aja pemenangnya, silakan langsung aja cek di kanal media sosial kami, ya.

Kali ini, C2live akan mengulas tentang karya dari salah satu para pemenang kontes, yaitu artikel “Ngeblog Aktif Demi Kontribusi Positif
yang berhasil meraih Juara II dari C2live Creator Contest 2.

Jadi, sebenarnya apa sih yang membuat artikel ini begitu menarik sehingga mendapatkan nilai lebih dari para juri? Yuk, kita simak langsung alasannya!

Penulisan yang rapi

Isnaini Khomarudin

Menulis merupakan keterampilan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang blogger. Karena, biar bagaimanapun juga, kegiatan blogging tak bisa dipisahkan dari menulis. Dengan kemampuan menulis yang baik, seorang blogger bisa mengutarakan apa yang ingin ia sampaikan dengan efektif tanpa mengganggu kenyamanan membaca para pengunjungnya.

Hal inilah juga yang dimiliki oleh Isnaini Khomarudin, sosok blogger dibalik tulisan-tulisan yang ada pada Blog Belalang Cerewet. Melalui tulisan yang ia lombakan, Isnaini Khomarudin mampu menyuguhkan penulisan yang cukup rapi. Mulai dari minimnya jumlah typo yang ditemukan, struktur kalimat yang padu, tata bahasa yang apik, penggunaan heading, proporsi paragraf, dan berbagai faktor lainnya memungkinkan pembaca untuk menikmati tulisannya dengan nyaman.

Penyampaian yang mudah dimengerti

Isnaini Khomarudin

Faktor ini sebenarnya sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Sebab, dengan menggunakan tata penulisan yang baik, kamu jadi bisa menyampaikan informasi dengan jelas kepada pembaca. Coba bayangkan, jika tata bahasamu semrawut, pembaca pasti akan kesulitan untuk memahami apa yang sebenarnya hendak kamu sampaikan.

Namun, hal itu tidak terjadi pada tulisan Isnaini Khomarudin. Gaya penulisannya santai dan tidak saklek mengikuti kaidah EYD. Meski demikian, cerita yang ia bagikan dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca. Tentunya, hal ini sangat memungkinkn pembaca untuk bisa benar-benar memetik suatu manfaat dari tulisannya.

Pengemasan ide yang menarik

Isnaini Khomarudin

Jika kamu sudah membaca artikel Isnaini Khomarudin yang satu ini, mungkin kamu bisa merasakan orisinalitas yang ada di dalamnya. Pasalnya, ia mengemas ide cerita yang disampaikan dengan cara yang cukup menarik dibandingkan dengan tulisan-tulisan lainnya.

Contohnya adalah tentang pandangan pribadinya tentang bloger. Menurutnya BLOGER memiliki enam kriteria yang tidak terlepas dari enam huruf yang membangunnya, yaitu Bermanfaat, Loyal, Orisinal, Gigih, Edukatif, dan Rendah Hati. Menarik, bukan?

Baca juga: Belajar dari Artikel Joe Candra, Blogger Pemenang Lomba C2live Creator Contest 2

Penggunaan elemen visual yang menarik

Isnaini Khomarudin

Ini merupakan faktor yang paling menonjol dari tulisan Isnaini Khomarudin. Jika kalian tengok kembali, artikel “Ngeblog Aktif Demi Kontribusi Positif” miliknya kaya akan penggunaan berbagai elemen visual menarik yang mendukung tampilan blognya. Mulai dari gambar, infografis, hingga video.

Sering dianggap sepele, elemen-elemen visual ini justru memiliki pengaruh yang besar bagi tampilan blog secara keseluruhan. Infografis yang ditampilkan dalam artikel Isnaini Khomarudin ini misalnya, mampu meningkatkan engagement pembacanya dengan informasi relevan yang tertera di dalamnya.

Selain itu, pembabakan yang ia lakukan dengan menggunakan heading juga membuat tulisan lebih mudah dicerna. Bersama dengan elemen multimedia yang disematkan, artikel yang satu ini tidak terkesan seperti wall of text belaka.

Konten yang sesuai dengan tema

Isnaini Khomarudin

Kesesuaian konten dengan tema yang telah ditentukan juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Terkadang, karena asyik sendiri dalam menuangkan tulisan, kita jadi lupa atau tidak sadar bahwa ada hal-hal pokok yang perlu dibahas agar tulisan kita benar-benar sesuai dengan tema.

Itulah mengapa kecermatan dibutuhkan dalam proses menulis, apalagi jika tulisanmu ditujukan untuk memenangkan sebuah lomba. Kamu perlu fokus dalam membahas poin-poin penting agar tulisanmu tepat sasaran dengan tema yang sudah ditetapkan.

Inilah juga yang terjadi pada tulisan Isnaini Khomarudin. Jika kamu perhatikan, dalam tulisan yang dilombakannya, ia berhasil menyampaikan alasannya melakukan aktivitas blogging dengan cukup komprehensif. Alasan itu ia tuangkan dalam sembilan manfaat yang ditawarkan oleh aktivitas blogging itu sendiri, sehingga mendorongnya untuk terjun dan menekuni dunia ini.

Tidak hanya sampai di situ, Isnaini Khomarudin juga tak lupa untuk menyampaikan harapan yang ia miliki untuk dunia blogging ke depannya. Melalui tulisannya, ia menyampaikan harapannya agar para blogger tetap semangat menyaring informasi dan membagikan kontribusi positif melalui blognya masing-masing,sehingga blogosphere kian sesak dengan artikel inspiratif yang bisa saling menguatkan satu sama lain.


Nah, seperti itulah pertimbangan yang dimiliki oleh tim juri ketika hendak memilih Isnaini Khomarudin sebagai salah satu pemenang C2live Creator Contest 2 kali ini. Dari pemaparan di atas, semoga kamu mendapat insight yang bermanfaat tentang bagaimana mengasah kemampuan blogging-mu agar bisa menjadi juara, ya.

Memang, menjadi juara dari sebuah lomba blogging adalah hal yang membanggakan bagi seorang blogger. Namun lebih dari itu, blogger punya misi mulia untuk terus menyebarkan konten positif yang berguna bagi masyarakat umum. Semangat terus untuk membangun ekosistem blogging tanah air yang lebih baik, ya!

Sumber gambar: Blog Belalang Cerewet, Booking Suite, Abroad Center.

Related Posts

 
Site Menu