mengusir jenuh

Tepis Rasa Mager buat Nulis dengan 6 Cara Ampuh Mengusir Jenuh saat Ngeblog Ini!

Bagi beberapa orang, blogging adalah sebuah hobi yang menyenangkan untuk dilakukan dari waktu ke waktu. Nggak jarang, mereka memanfaatkan blogging sebagai media katarsis, yaitu penyaluran emosi yang terpendam. Tetapi bagi seorang blogger, yang pekerjaan sehari-harinya mengurus blog dengan deadline atau kuota tertentu, bukan berarti nggak mungkin pekerjaan itu justru membuatnya jenuh. Jika kamu sedang berada di posisi itu, tenang saja, kamu nggak sendirian. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengusir jenuh saat harus atau lagi ngeblog? Berikut ini 6 cara ampuh yang bisa kamu coba biar semangat ngeblog lagi!

1. Berhenti Menulis, Mulai Membaca

mengusir jenuh

“I believe that reading widely is the best preparation for writing.” – Kathryn Lasky

Saat kamu merasa jenuh ngeblog, hal itu mungkin aja disebabkan karena kamu lagi nggak punya ide untuk menulis konten blog yang menyebabkan kamu merasa terpaksa menulis. Nah, salah satu jalan keluar dari kebuntuan ide untuk menulis adalah membaca. Cari berbagai buku, majalah, artikel atau jurnal yang memiliki topik sama dengan blogmu.

Membaca akan memberikanmu banyak ide untuk tulisan baru atau justru pertanyaan-pertanyaan baru yang harus kamu cari tahu lebih jauh. Ingin sesuatu yang berbeda? Cari bacaan dengan topik yang nggak biasa kamu baca atau sesuatu yang nggak ada kaitannya dengan isi blogmu. Hal ini membantu otakmu untuk “berekreasi dan nggak memikirkan topik yang itu-itu saja.

2. Jalan-Jalan ke Tempat Baru

mengusir jenuh

Menemukan sesuatu yang baru bisa mengalihkan pikiranmu dari rutinitas. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat baru yang lagi hits di daerahmu atau justru cari tempat yang nggak terlalu banyak diketahui orang untuk sekadar melepas penat. Siapa tahu, di sana kamu menemukan hal menarik untuk ditulis, atau justru kamu dapat membuat tulisan mengenai perjalananmu.

Kalaupun kamu nggak mendapatkan inspirasi apapun untuk ditulis, nggak ada salahnya, kan, jalan-jalan untuk menghilangkan rasa bosanmu? Intinya, kamu jadi bisa melepaskan diri dari rutinitas yang menjenuhkan. Dengan begitu, saat kamu kembali ke blog, kamu bisa mulai kembali menyusun tulisan untuk blogmu dengan perasaan hati yang lebih tenang.

3. Ajak Ngobrol Teman-Temanmu

mengusir jenuh

Kadang kita butuh pendapat orang lain untuk memperkaya ide-ide di kepala kita. Ngobrol bareng bisa jadi cara ampuh buat tukar isi kepala sama teman-teman kamu dan menghilangkan kejenuhan. Soalnya, kamu nggak akan tahu hal-hal menarik seperti apa yang bisa aja muncul dalam pembicaraan.

Dari sekedar bercerita dengan teman, kamu bisa menemukan hal-hal seru untuk dipikirkan. Sama halnya dengan membaca, mendengarkan memberimu kesempatan untuk menemukan hal baru, melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Hal ini bisa banget kamu manfaatkan untuk membantu refreshing isi otakmu.

4. Gabung dengan Komunitas Blogger

mengusir jenuh

Poin yang satu ini bisa jadi menggabungkan antara poin pertama, kedua, dan ketiga. Kok bisa? Bergabung dengan komunitas blogger bisa kasih kamu kesempatan untuk baca-baca berbagai macam tulisan para blogger satu komunitas, biasanya para anggota komunitas akan rajin share artikel di grup komunitas.

Kamu juga bisa dapat teman baru sesama blogger dengan tema blog yang sama, atau justru berbeda-beda. Selain tulisan, kamu juga bisa lihat bagaimana mereka menata blog, dari mulai layout hingga widget yang digunakan. Komunitas blogger juga sering bikin acara kumpul-kumpul para blogger untuk sharing. Wah, kalau sama satu teman saja bisa dapat banyak ide, gimana kalau ngobrol sama banyak teman? Kamu jadi punya banyak referensi, deh, buat ngeblog.

5. Bikin Tantangan Menulis buat Dirimu Sendiri

mengusir jenuh

Pernah ikut tantangan menulis selama 30 hari atau tantangan-tantangan sejenis? Biasanya tantangan tersebut diadakan dan diikuti oleh sekelompok blogger. Coba kamu buat tantangan menulis seperti itu tapi untuk dirimu sendiri. Ya, “paksa” dirimu sendiri untuk konsisten mengisi blog selama beberapa waktu.

Jika memang cara-cara mencari ide dan semangat untuk ngeblog seperti 4 poin di atas masih belum mempan, poin kelima ini harus dicoba. Bisa jadi kamu hanya sedang malas, jadi harus “dipaksa”. Sistem reward and punishment juga bisa kamu terapkan sebagai sistem “paksaan”, lho. Misalnya, jika kamu berhasil mencapai target tulisan, kamu boleh beli barang yang kamu inginkan. Tetapi kalau nggak berhasil, terpaksa kamu batal, deh, membelinya.

6. Stop and Take Your Time

mengusir jenuh

“A vacation is what you take when you can no longer take what you’ve been taking.” – Earl Wilson

Menulis bisa jadi sangat melelahkan. Mari kita akui itu. Kamu butuh pikiran yang segar dan badan yang fit untuk menarik ide-ide yang bertebaran di luar sana. Jadi jika memang 5 poin di atas nggak berhasil menepis kejenuhanmu, mungkin kamu perlu vakansi. Nggak cukup sehari atau dua hari. Kamu bisa mengambil cuti menulis selama seminggu atau dua minggu. Gunakan waktu cuti itu untuk jalan-jalan, berkumpul bersama keluarga, dan melakukan hobi lainnya.


Jenuh melakukan sesuatu yang berulang-ulang adalah hal yang wajar. Bagaimana cara melepaskan diri dari kejenuhan itu yang penting. Semoga 6 cara menepis kejenuhan ngeblog di atas dapat membantu, ya. Baca berbagai tips blogging dan menulis lainnya di C2live. Selamat menulis!

Sumber: , FOOPLA AABPO, Visit the USA, expatliving.hk, Vita Mojo, AcumenPexels

Related Posts

Site Menu