kompetisi blogging

Yuk, Kenalan dengan Yusuf, Pemenang Voting II Blogging Competition C2live bersama EV Hive!

Dari hobi menjadi prestasi, mungkin kalimat itulah yang paling pas menggambarkan perjalanan seorang Yusuf Noer Arifin. Berawal dari sebuah hobi yang digeluti dengan sepenuh hati, kini hobinya itulah yang membawanya pada satu prestasi yang bisa ia bangggakan. Kali ini, tim C2live punya kesempatan untuk ngobrol-ngobrol santai bareng Yusuf, pemenang kedua by vote dari kompetisi blogging C2live bersama EV Hive. Yuk, simak obrolannya!

Sudah Berapa Lama di Dunia Penulisan?

kompetisi bloggingSumber: Brad Neathery

Saat ditanya sudah berapa lama ia menulis, Yusuf menjawab kalau ia sudah mulai aktif menulis dari 3 tahun yang lalu. Tadinya, Yusuf hanya suka menulis di media konvensional, seperti buku tulis. Tapi, lama kelamaan ada keinginan supaya tulisannya bisa dibaca banyak orang. Sejak itu, ia mulai membuka diri pada media penulisan digital dan mulai rajin menulis blog. Sejauh ini, topik favoritnya adalah mengenai dunia pendidikan seperti materi sekolah dan materi kuliah, cerita motivasi dan inspirasi, serta berbagai artikel unik seputar pendidikan.

Awalnya Sempat Ragu Mengikuti Lomba

kompetisi bloggingSumber: Nik Shuliahin

Didorong oleh kebutuhan ekonomi yang mendesak, Yusuf akhirnya mencari-cari lomba-lomba blogging lewat internet. Kebetulan, saat itu bulan September 2017, bertepatan dengan event Blogging Competition C2live bersama EV Hive. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya ia memutuskan untuk memanfaatkan blognya, Asymmetrica Life yang sudah dikelolanya sejak masuk bangku SMK.

Persiapan Yusuf untuk lomba ini juga nggak main-main, lho! Demi menyiapkan diri untuk lomba, Yusuf rela begadang selama 2 hari berturut-turut supaya bisa memenuhi deadline tulisan. Nggak berhenti sampai di situ, setiap waktu luang di sela-sela padatnya kegiatan kampus juga digunakan buat menulis. Bahkan, tugas kuliahnya sempat tertunda gara-gara terlalu fokus!

Menurut Yusuf, tantangan terbesarnya saat mengikuti Blogging Competition C2live bersama EV Hive adalah mengumpukan voting sebanyak-banyaknya. Yusuf nggak ragu-ragu untuk menyebarkan tulisannya ke teman-teman SMK dan tak lupa juga meminta teman satu asrama untuk membantu dalam voting.

Perjuangannya nggak sia-sia, karena tulisan yang dibuatnya berhasil menyabet gelar juara II di Blogging Competition C2live bersama EV Hive berdasarkan hasil voting. Yusuf sendiri nggak menyangka akan menang, menurutnya, kesempatan menang cukup sulit karena saingannya adalah penulis-penulis berbakat di seluruh Indonesia.

Blogging Competition C2live bersama EV Hive juga memberikan kesan yang positif pada Yusuf. Salah satu kelebihan Blogging Competition C2live bersama EV Hive adalah sistem lomba yang cukup kreatif, karena pemenangnya tidak hanya berdasarkan kategori konten tetapi ada juga berbagai kategori seperti voting dan referral.

Berjuang Meraih Kemenangan

kompetisi bloggingSumber: Behance

Sempat gagal tiga kali nggak menyurutkan niat Yusuf untuk memenangkan lomba. Berbekal motivasi yang kuat dan kegigihan, ia mencari topik yang pas untuk diikutsertakan dalam lomba. Topik mengenai pekerja lepas atau freelacer pun dipilih karena berkaitan dengan EV Hive yang merupakan sebuah coworking space. Menuurutnya, penting bagi freelancer untuk sekali saja mencoba bekerja di coworking space. Karena selain bisa menambah relasi sambil bekerja di tempat yang nyaman, event mingguan yang biasa diadakan oleh coworking space—seperti EV Hive—bisa menambah wawasan bagi freelancer maupun pebisnis.

Untuk menyampaikan pesannya ini, Yusuf merombak habis-habisan konsep artikelnya. Biasa menulis artikel pendidikan, artikel yang dibuatnya untuk Blogging Competition C2live bersama EV Hive membuatnya harus keluar dari zona nyaman. Ia mencoba mengganti gaya bahasa pada tulisannya dan menambah infografis serta statistik untuk menunjang artikelnya, meskipun Yusuf sendiri nggak terlalu familiar dengan infografis. Tentu saja, usahanya ini berbuah manis.

Ada Tips Nggak Buat Teman-teman Blogger di Luar Sana?

kompetisi bloggingSumber:Corinne Kutz

Saat ditanya mengenai tips yang bisa dibagikan ke teman-teman penulis di luar sana yang mungkin belum berani mengikuti lomba, pemilik dari web blog Asymmetrical Life yang dimulainya tahun 2014 ini menjawab kalau yang paling penting adalah kegigihan.

Kata Yusuf, rasanya mustahil bisa langsung menang dalam satu kali percobaan. Jadi, bagi teman-teman yang ingin mengikuti lomba blogging, coba terus sampai menang! Yusuf sendiri nggak malu untuk bercerita kalau ia harus tiga kali merasakan kalah dulu sebelum bisa menang dalam sebuah lomba blogging. Yang terpenting, tetap berusaha dan jangan menyerah.

Selain itu, penting banget buat memastikan kalau tulisan yang kamu buat sesuai dengan tema dan tepat sasaran. Berbagai infografis dan video juga bisa memperkaya alur tulisanmu sehingga lebih informatif dan komunikatif, lho!

Sebagai Seorang Penulis, Apa Rencana Kamu ke Depannya?

kompetisi bloggingSumber:Kelli Stirrett

Di samping kesibukannya menimba ilmu, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Departemen Teknologi Pangan di Institut Pertanian Bogor ini tetap berniat untuk menekuni hobi menulisnya. Tahun ini, Yusuf juga ingin memulai kebiasaan positif dan mengisi libur kuliahnya dengan banyak membaca buku favoritnya, genrenya pun tak jauh beda dari genre yang ia tulis; mengenai pendidikan, materi sekolah, juga buku-buku yang bisa menginspirasi. Pastinya, menulis blog juga akan terus dilanjutkan.


Dari Yusuf juga, kita bisa belajar bahwa kesibukan bukan jadi halangan untuk mencapai prestasi. Buktinya, di sela-sela kesibukan kuliah, ia tetap bisa mengatur waktunya dengan baik. Meskipun itu artinya mengorbankan waktu istirahat yang berharga untuk menulis. Kegigihan Yusuf dalam mencoba membuktikan kalau usaha nggak akan mengkhianati hasil. Jadi, kamu juga nggak boleh menyerah untuk terus mengasah kemampuan menulismu, seperti Yusuf! Nah, kalau kamu ingin belajar hal-hal seputar blog atau tips-tips menulis lainnya, kamu dapat membacanya di Blog C2live!

Related Posts

 
Site Menu